Memanfaatkan Propolis Sebagai Pengobatan Alternatif

Pertanianku – Propolis merupakan zat yang dihasilkan oleh lebah untuk melindungi sarangnya dari berbagai ancaman, baik ancaman lingkungan yang tidak menguntungkan ataupun serangan organisme lain. Komponen utama propolis berasal dari resin atau getah tanaman yang dikumpulkan oleh lebah. Selain itu, propolis juga berfungsi sebagai zat perekat. Zat tersebut berasal dari jenis-jenis tanaman tertentu. Propolis bersifat desinfektan atau antibakteri sehingga mampu membunuh semua kuman yang masuk ke sarang lebah. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya bangkai tikus yang tidak berbau karena tidak membusuk. Bangkai tersebut dibungkus oleh propolis, yang juga dikenal dengan istilah lem lebah.

propolis

Saat ini, kecenderungan manusia untuk kembali ke alam (back to nature) semakin meningkat dengan mencari cara pengobatan alternative yang aman dan tidak menimbulkan efek samping. Salah satu obat mujarab yang ada di alam adalah propolis. Propolis merupakan salah satu keajaiban yang diturunkan Sang Pencipta bagi makhluk-Nya. Segala jenis penyakit dapat ditumbangkan oleh zat yang dihasilkan lebah ini. Kandungan zat yang berfungsi sebagai antibiotik dan antimikroba tersebut tidak diragukan lagi.

Loading...

Sejumlah hasil penelitian menyebutkan bahwa propolis dapat membunuh 26 isolat bakteri Staphylococcus aureus penyebab infeksi pada kulit dan saluran pernapasan serta Escherichia coli, penginfeksi saluran pencernaan.

Baca Juga:  Indonesian Grocery Project, E-Commerce untuk Mendorong Ekspor Pertanian
Loading...
Loading...