Memantau Kondisi Pertanian dari Agriculture War Room

Pertanianku Agriculture War Room (AWR) baru saja diluncurkan oleh Kementerian Pertanian yang berperan sebagai pusat data dan sistem kontrol untuk meningkatkan pembangunan pertanian nasional berbasis teknologi. Hal ini selaras dengan beberapa agenda pertanian yang kian memodernkan alat pertanian dengan teknologi.

Agriculture War Room
foto: pixabay

Sistem yang baru diluncurkan ini diharapkan mampu memicu pertumbuhan produksi pertanian di atas rata-rata.

“Langkah awal ini berkaitan langsung dengan isi perut 267 juta orang. Dengan alat ini kami ingin pertanian ke depan lebih maju, lebih mandiri dan lebih modern untuk hasil yang memuaskan,” ujar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo seperti dikutip dari laman Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Loading...

Penerapan teknologi dalam sistem pertanian berguna untuk menjadi alat ukur dalam melakukan pengawasan sekaligus membantu untuk membuat mapping area lahan nasional sehingga dapat terlihat dengan jelas perkembangan setiap jenis komoditas di tiap-tiap daerah. Dengan hadirnya Agriculture War Room, Mentan ingin memastikan jika kedepannya tidak lagi terjadi perbedaan data statistik karena sudah terpantau oleh pusat yang dijamin akurat.

AWR ini dirancang secara multiguna, dan salah satunya dirancang untuk memantau kondisi pertanian di tingkat kecamatan dan desa. Di mana pada tingkatan tersebut sulit untuk dilakukan pemantauan manual dan akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, para petani tidak perlu membeli alat drone mahal-mahal untuk melaporkan sawahnya kepada pemerintah pusat.

“Kita sudah punya alat ukurnya yang berbasis internet of things atau sudah menggunakan artificial intelligence. Namun, sejauh ini kami juga belum memutuskan apa-apa saja yang akan menjadi kebijakan secara utuh. Yang jelas saat ini kami masih mengawasi secara langsung di lapangan,” tutur Syahrul.

Baca Juga:  Langkah Mudah Menanam Pare di Pekarangan

Dengan hadirnya AWR, diharapkan mampu meningkatkan kuantitas serta kualitas produksi pertanian dalam negeri sehingga bisa memenuhi seluruh kebutuhan pertanian dalam negeri dan bisa memenuhi seluruh kebutuhan pangan pasar global.

Acara peluncuran AWR turut dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, yang mengapresiasi inovasi Kementerian Pertanian untuk memajukan pertanian Indonesia melalui modernisasi dan kemandirian.

Loading...
Loading...