Membangun kandang Ideal Untuk Semut

Pertanianku – Kandang untuk memelihara semut adalah tempat atau ruangan yang akan digunakan untuk menyusun rak-rak berisi wadah atau media pemeliharaan semut. Konstruksi bangunan kandang erat kaitannya dengan upaya pengaturan atau penentuan tinggi dan lebar kandang, bentuk atap, model dinding dan lantai, yang diselaraskan dengan kondisi lingkungan atau iklim setempat. Semua faktor tersebut diatur sedemikian rupa untuk menciptakan kenyamanan bagi koloni semut rangrang dan peternak sendiri, serta terbebas atau seminimal mungkin terhindar dari faktor pemicu stres.

Membangun kandang Ideal Untuk Semut

Di daerah beriklim tropis, permasalahan utama pemicu stres pada koloni semut adalah tingginya suhu dan kelembapan lingkungan. Oleh karena itu, tipe kandang semut rangrang yang cocok dan ideal untuk daerah Indonesia adalah kandang tertutup (closed house). Suhu ideal dalam kandang diatur pada kisaran 23—27o C, kelembapan 70—80%, dan Intensitas cahaya sebesar 0,01—0,06 lm/m2 atau sekitar 10—20%.

Loading...

Koloni semut rangrang selalu menyukai lingkungan yang tenang dan jauh dari keributan serta kebisingan. Untuk itu, sebisa mungkin jauhkan kandang semut rangrang dari ternak-ternak yang lain seperti ayam, anjing, dan kelinci. Jika posisi atau letak kandang sangat dekat atau bahkan berada dalam satu lokasi dengan ternak yang lain, sudah pastikoloni akan lama dalam perkembangbiakannya. Seperti penjelasan sebelumnya bahwa kandang sebagai tempat beternak semut rangrang bersifat closed house (kandang tertutup). Kandang tertutup merupakan kandang yang dibuat dengan semua sisi kandang tertutup, pergerakan udaranya melalui ventilasi yangdiatur sedemikian rupa. Kandang tertutup dibuat dengan tujuan agar keadaan lingkungan di dalam kandang bisa diatur sehingga koloni semut rangrang nyaman untuk hidup dan berproduksi. Berikut beberapa keuntungan kandang tertutup (closed house).

  1. Koloni semut rangrang lebih tenang dan nyaman.
  2. Tidak kontak langsung dengan banyak manusia.
  3. Terhindar dari binatang peliharan atau ternak yang lain.
  4. Koloni tidak terpengaruh oleh cuaca di luar kandang.
  5. Suhu atau temperatur ruangan kandang stabil.
Baca Juga:  Cara Membedakan Kelamin Jantan dan Betina pada DOC

Sebagai contoh dapat dibuat kandang tertutup berukuran panjang 6 m, lebar 4 m, dan tinggi 3 m. Konstruksi kandang bisa dibuat dari rangka semen beton, besi, kayu, atau bambu. Atap bisa berupa galvanis tanpa monitor. Dinding bisa dari batu bata atau anyaman bambu yang dilengkapi dengan jendela sebagai ventilasi. Lantai postal dari semen. Kandang untuk beternak semut bisa juga memanfaatkan ruang kosong di dalam rumah. Ruangan tersebut bisa berupa kamar kosong atau gudang yang kurang maksimal pemanfaatannya. Jika menggunakan ruangan tersebut untuk memelihara semut maka yang harus diperhatikan adalah ruangan tersebut harus sesuai dengan kondisi ideal yang diharapkan oleh semut. Artinya, suhu dan kelembapannya sesuai, serta sirkulasi udara lancar.

Ruangan kandang sebaiknya dilengkapi dengan ventilasi. Ventilasi kandang memiliki peran penting untuk menjaga kondisi suhu dan kelembapan di dalam kandang. Dengan ventilasi yang baik, pergerakan udara di dalam kandang akan berjalan lancar. Berikut beberapa fungsi utama ventilasi bagi terciptanya suasana lingkungan kandang semut rangrang yang ideal.

  1. Menghilangkan panas yang berlebihan.
  2. Menghilangkan kelebihan kelembapan.
  3. Mengurangi debu.
  4. Mengurangi gas beracun seperti karbondioksida.
  5. Menyediakan oksigen yang cukup untuk koloni semut rangrang.
  6. Menghilangkan stres pada koloni akibat perubahan lingkungan yang drastis.

 

Sumber: Buku Menjawab Teka Teki Beternak dan Bisnis Kroto

Loading...
Loading...