Membantu Proses Kelahiran kucing


Pertanianku – Saat kelahiran merupakan hal penting bagi induk. Biasanya ada saja kejadian yang membuat proses kelahiran terganggu. Jika pembiak mampu membantunya melewati masa-masa tersebut, kelahiran akan berjalan dengan lancar. Oleh karenanya, peranan pembiak sangatlah diperlukan terutama dalam membantu proses sebelum melahirkan.

Cara Bersosialisasi Dengan Kucing di Rumah

Pembiak sebaiknya memberikan kondisi yang aman, nyaman, dan kondusif sehingga kucing tidak stres berlebihan. Ketika akan melahirkan, kucing biasanya mencium, mengamati, dan mencari tempat terbaik untuk melahirkan anaknya dengan tenang tanpa kuatir akan ada pengganggu. Perilaku ini biasanya berulang kali dilakukan untuk memastikan kondisi aman saat akan melahirkan. Jika telah menemukan tempatnya, kucing akan bersiap melahirkan.

Kelahiran yang normal biasanya akan terjadi pada hari ke-59 hingga hari ke-70. Tanda-tanda kucing akan melahirkan adalah sebagai berikut.

– Rasa gelisah.

– Nafsu makan berkurang.

– Menggaruk-garuk lantai/kotak atau sudut ruangan.

– Kelihatan terengah-engah.

– Kadang-kadang menekan perutnya.

Untuk kucing ras dengan kelahiran normal, perlu menyiapkan bahan-bahan untuk membantu kelahirannya sebagai berikut.

– Handuk untuk melap anak kucing.

– Gunting steril untuk memotong ari-ari.

– Tali benang plastik.

– Alkohol 70%.

– Alat pengisap air ketuban.

Lazimnya, induk akan merasakan sakit dan muntah saat akan melahirkan. Oleh karena itu, cobalah mengeluselusnya dengan lembut agar kucing merasa tenang. Secara alamiah, kucing akan merobek plasenta anaknya dan menjilati cairan ketuban hingga bulu anaknya kering, lalu tali pusat digigit dan ari-arinya dimakan. Berbeda dengan kucing ras, insting alamnya berkurang karena sudah terbiasa bergantung dengan manusia.

Begitu melahirkan, tunggu kelahiran berikutnya. Biasanya kucing akan melahirkan 4—6 ekor anak kucing. Proses ini memakan waktu 15—30 menit sampai anak kucing lahir semuanya. Setelah selesai melahirkan, sebaiknya bersihkan induk kucing terutama bagian puting susunya. Akan lebih baik lagi jika puting sudah dibersihkan beberapa hari sebelum melahirkan. Selanjutnya, masukkan induk kucing di boks tempat anak-anaknya berada. Seminggu setelah lahir, untuk anak kucing ras sebaiknya dilaporkan ke organisasi pencinta kucing untuk diterbitkan sertifikat kelahirannya.

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Kucing

loading...
loading...