Membedakan Koi Jantan dan Betina


Pertanianku – Ketika masih kecil atau bibit, jenis kelamin koi masih belum bisa dibedakan. Secara fisik, antara jantan dan betina baru bisa dibedakan ketika umurnya telah dewasa, kurang lebih saat panjang tubuhnya mencapai 25 cm. Koi jantan umumnya memiliki bentuk tubuh yang lebih ramping dengan ujung tubuh yang meruncing. Kepalanya tampak lebih besar dari tubuhnya, sedangkan koi betina memiliki kepala lebih kecil dan runcing. Tepi sirip dada bagian pangkal koi jantan terlihat lebih tebal dan kuat daripada sirip dada pada koi betina. Lubang pelvic jantan lebih sempit, berbentuk oval, dan agak cekung.

Membedakan Koi Jantan dan Betina

Tubuh koi betina terlihat gemuk dan lebih lembut ketika ditekan. Lubang pelvic koi betina yang siap bertelur sangat lembut, terbuka lebar, dan datar. Ada baiknya bila mendatangi kontes untuk melihat koi-koi juara. Dengan begitu, hobiis mendapatkan informasi dan gambaran koi yang baik, sesuai dengan standardisasinya.

Jika keuangan mencukupi dan memadai, belilah koi di farm di negara asalnya, Jepang. Sebelum ke sana, sebaiknya tentukan jenis koi yang akan dibeli. Mintalah saran dari orang yang berpengalaman untuk memandu dalam pencarian penangkar yang telah teruji kredibilitasnya. Cara lain, bukalah situs di website yang menjelaskan jenis koi pilihan. Di sana semua informasi tentang koi lengkap, mulai induk, silsilah, prestasi, bahkan harganya

Susun skala prioritas penjual mana yang harus didatangi untuk pertama kali. Hal ini penting, jika tujuan yang telah ditentukan pertama kali ternyata meleset.

 

Sumber: BUKU KOI

Baca Juga:  Ikan Mas Ubah Air Jadi Alkohol Saat Musim Dingin, Benarkah?
loading...
loading...