Membeli Bibit Sengon/Jabon Siap Tanam


Pertanianku – Jika pekebun memilih membeli bibit, baik bibit sengon maupun bibit jabon, pilih bibit yang sudah berkayu, tidak ada tanda-tanda terserag hama penyakit, tinggi minimum 30 cm dan proporsional dengan diameternya, serta tidak ada daun muda yang baru berkembang pertanda pucuk daun dalam kondisi dorman.

Membeli Bibit Sengon

Untuk membeli bibit, sebaiknya pilih bibit sengon berumur sekitar tiga bulan. Ciri bibit sengon umur tiga bulan yang normal antara lain tingginya mencapai 36 cm dan diameter batang sekitar 5 mm. Persentase hidup bibit yang sehat dapat mencapai 98%. Sementara itu, bibit jabon yang baik idealnya setinggi 30—60 cm dengan diameter batang 5—8 mm. Hindari memilih bibit yang terlalu tinggi atau tua lantaran akarnya biasanya sudah menembus polibag dan menjadi putus ketika dipindahkan. Untuk jabon putih, pilih bibit berdaun hijau cerah, sementara untuk jabon merah, pilih bibit yang daun pucuknya merah.

Seiring dengan kemajuan teknologi dan kebutuhan permintaan bibit sengon maupun jabon sangat tinggi, saat ini di pasaran banyak tersedia bibit yang berasal dari hasil perbanyakan dengan kultur jaringan.

 

Sumber: Buku Sengon dan Jabon Kayu Super Cepat

 

 

loading...
loading...