Memberikan Makanan Hidup kepada Cucakrawa


Pertanianku – Jenis makanan hidup yang bisa diberikan ke cucakrawa cukup banyak jumlahnya. Bagi yang tinggal di pedesaan akan dengan mudah menemukannya di sembarang tempat. Baik di lingkungan rumah, terlebih lagi di hutan. Adapun jenis makanan hidup yang dimaksud seperti ulat daun pisang, ulat daun yang ada di atas pohon seri, orong-orong, jangkrik, belalang, cacing tanah, kelabang kecil, dan telur semut. Makanan hidup tersebut memiliki kandungan protein cukup tinggi. Cukup baik untuk diberikan ke cucakrawa dalam mempercepat proses pemulihan fisiknya. Akan tetapi, sangat baik jika pemberiannya tidak hanya satu jenis atau bervariasi. Untuk cucakrawa yang benar-benar masih bakalan perlu memprioritaskan pemberian jangkrik, belalang dan kelabang kecil.

Memberikan Makanan Hidup kepada Cucakrawa

Hal ini dikarenakan sifatnya padat dan membuat cucakrawa cepat kenyang. Akan tetapi, jangkrik dan belalang harus dibuang terlebih dahulu kakinya yang tajam. Kelabang sebaiknya dimatikan dahulu atau dibuang kepalanya. Pemberian kroto perlu diupayakan, terutama cucakrawa yang sudah terbiasa memakannya.

Dalam pemberian makanan hidup, yang perlu diperhatikan jangan sampai ada yang tersisa dalam sangkar. Kalau ada harus dibuang dari sangkarnya. sisa makanan ini hanya akan memancing semut penganggu masuk ke dalam sangkar.

Sumber:  Buku Agar Cucakrawa Rajin Berkicau

loading...
loading...