Membuat Bakso Jamur, Olahan Alternatif Bakso Daging

Pertanianku — Sebagai salah satu olahan daging yang populer, bakso daging menjadi favorit masyarakat luas. Kini, olahan daging kenyal ini sudah memiliki banyak variasi. Salah satunya adalah bakso jamur yang bisa dibuat sendiri. Bakso jamur memiliki beberapa keunggulan, salah satunya karena terbuat dari bahan nabati jadi bisa dikonsumsi oleh pelaku diet protein hewani.

bakso jamur
Foto: instagram dapur_rumahku99

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bakso jamur sebagai berikut:

  • 500 gram jamur tiram
  • 50 gram tepung kanji
  • 0,5 gram merica bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan bawang putih goreng
  • 2 sendok makan bawang merah goreng
  • 40 gram es batu
  • 000 mililiter air

Pembuatan bakso jamur bisa dimulai dengan membersihkan jamur tiram terlebih dahulu. Siapkan air panas untuk merendam jamur tiram tersebut. Lakukan perendaman selama kurang lebih 5 menit. Jika sudah, tiriskan jamur tiram dan buang air yang digunakan untuk merendam.

Loading...

Pembuatan bakso jamur bisa dilakukan dengan menggunakan alat food processor, yakni alat yang bisa digunakan untuk mencampurkan dan menghaluskan bahan-bahan bakso. Jika Anda menggunakan alat tersebut, Anda bisa memasukkan seluruh bahan ke food processor. Aduk hingga rata.

Namun jika tidak menggunakan food processor, Anda tetap bisa membuat bakso jamur tiram. Caranya adalah dengan mencampur seluruh bahan di dalam baskom. Uleni bahan-bahan hingga membentuk adonan dan tercampur dengan rata. Gunakan air dingin sebagai pengganti es batu.

Siapkan air panas yang sudah mendidih dalam panci besar. Air panas ini digunakan untuk membentuk bakso menjadi bulatan-bulatan bakso. Bulatkan bakso dari adonan dengan menggunakan tangan dan bantuan sendok. Tuangkan satu per satu bakso yang dibentuk ke dalam panci yang berisi air panas. Lakukan sampai adonan sudah habis.

Baca Juga:  Hindari Memasak Udang dengan Cara Ini!

Masak kembali air panas tersebut hingga mendidih. Bakso yang dimasak dalam air tersebut pun akan mengapung, menunjukkan bakso yang dibentuk sudah matang dan bisa dikonsumsi.

Sebelum disajikan, siapkan juga kuah bakso dengan menggunakan kaldu dan bumbu-bumbu yang diperlukan. Bakso jamur bisa disajikan dengan tambahan mi kuning, mi bihun, sawi, taoge, seledri, dan bawang goreng.

Loading...
Loading...