Membuat Buah Kering di Rumah Itu Mudah


Pertanianku – Apakah Anda merupakan salah seorang pecinta buah-buahan kering. Pasalnya, buah-buahan kering memiliki sumber nutrisi dan mengandung vitamin dan mineral yang cukup tinggi. Buah-buahan kering juga kaya akan gula alami.

Buah-buahan kering (dried fruit) adalah buah yang diproses dengan cara dikeringkan di bawah sinar matahari langsung atau dengan alat pengering buatan (oven atau dehydrator), tetapi tetap mempertahankan rasa dan aromanya.

Soal gizi gak perlu diragukan lagi, buah kering ini tetap kaya akan vitamin dan mineral. Seperti vitamin A, B1, B2, B3, B6 dan mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, kalium, natrium. Hanya saja karena proses pengeringan, kandungan vitamin C-nya sudah berkurang banyak.

Anda bisa membuat buah-buahan kering dari berbagai jenis buah-buahan termasuk anggur, kismis, apel, aprikot, pir, persik, jeruk, buah ara, kurma, nanas, pisang, dan masih banyak lainnya. Buah kering pun bisa Anda buat sendiri di rumah. Penasaran bagaimana cara membuatnya?

Berikut langkah-langkah membuat buah kering sendiri di rumah.

Bahan dan alat:

  • ½ cangkir jus lemon
  • ½ cangkir air
  • Oven
  • Kain katun tipis

Cara membuat:

  1. Panaskan oven hingga 62°C.
  2. Cuci buah dan potong dalam bentuk potongan yang seragam, bersihkan dan buang biji serta batang buah yang mungkin ada di bagian tengah. Buah ukuran kecil bisa dipotong menjadi dua, sedangkan buah ukuran besar bisa dipotong menjadi empat bagian.
  3. Campurkan lemon dan air. Kemudian celupkan potongan buah ke dalam campuran lemon dan air. Kandungan asam dalam lemon bisa membantu warna alami buah tetap awet.
  4. Beralih pada oven, alasi rak oven dengan kain katun tipis. Tata potongan buah dengan rapi, masukkan ke oven. Jangan tutup rapat oven, sebaliknya biarkan sedikit terbuka agar uap buah saat dikeringkan bisa keluar.
  5. Panggang buah sekira 4—12 jam dan pastikan mengganti posisi rak oven agar kering merata. Buah akan kelihatan kering dan jangan ragu untuk mencicipi apakah sudah kering atau belum.
  6. Kemudian, simpan buah pada wadah kedap udara dan simpan dalam tempat yang kering dan sejuk.
Baca Juga:  Begini Cara Panen Buah Salak yang Benar

Bagaimana cukup mudah bukan mebuatnya. Kini Anda tak perlu lagi membeli buah kering jika bisa membuatnya sendiri di rumah kan?!

loading...
loading...