Membuat Formula Media Tanam Bromelia Agar Tumbuh Optimal

Pertanianku Bromelia yang beredar di pasaran merupakan sebutan dari hampir semua jenis tanaman hias yang termasuk ke dalam famili Bromeliaceae. Dari sekitar 1.800 spesies tanaman famili Bromeliaceae, hanya ada beberapa spesies yang sering dijadikan sebagai tanaman hias. Spesies tersebut adalah Aecgmea, Billbergia, Nidularium, Tilandsia, Vriesea, Cryptanthus, Guzmania, dan Neoregelia.

bromelia
foto: pixabay

Hampir semua famili Bromeliaceae bisa tumbuh pada berbagai kondisi iklim, baik pada dataran rendah maupun tinggi. Umumnya, tanaman hias ini tidak menyukai sinar matahari secara langsung. Sinar matahari yang langsung mengenai tanaman secara langsung akan menyebabkan warna daun memudar, menggulung, bahkan sampai rusak dengan gejala seperti terbakar.

Namun, jika sinar matahari yang terlalu sedikit pun, akan menyebabkan warna daun kusam dan kurang cerah. Idealnya, tanaman ini ditanam di lokasi yang memiliki naungan dengan intensitas cahaya matahari sekitar 30 persen.

Loading...

Media tanam yang bisa digunakan untuk tanaman epifit yang bisa tumbuh di pepohonan adalah batu atau tanah. Agar pertumbuhan tanaman semakin optimal gunakan media tanam yang bertekstur porous, kaya akan bahan organik, mampu mengatur aerasi, dan drainase media baik. Tingkat kelembapan yang dibutuhkan adalah rendah atau sedang, tetapi tidak basah, serta suhu lingkungan berkisar 20—25°C.

Jenis media tanam yang digunakan adalah pasir, sekam bakar, cocopeat, cacahan pakis, dan pecahan batu apung. Umumnya, media tanam yang digunakan bisa dicampur. Selain ditanam di dalam wadah berupa bak atau pot, tanaman hias ini juga bisa ditanam dengan cara digantung.

Untuk menanam bromelia yang ditanam dengan cara menempel atau digantung, tanaman yang digunakan harus berasal dari anakan atau tanaman pot. Dengan begitu, tanaman mudah ditempel di lokasi mana pun yang dikehendaki.

Baca Juga:  Obati Asma dengan Tanaman Hias Irah-irahan (Cissus javana)

Tanaman bromelia bisa ditempel di lokasi mana pun, di batang-batang kayu yang sudah mati, batang pakis, atau batang buatan. Bromelia yang ditanam dengan cara ini bisa dijadikan sebagai alternatif hiasan gantung di teras-teras ataupun di dalam rumah.

Formula media tanam untuk bromelia bisa disesuaikan dengan umur tanaman. Tanaman yang masih benih berumur lebih dari dua bulan bisa menggunakan formula media tanam berupa campuran pasir dan cocopeat dengan perbandingan 1:1. Setelah tanaman dewasa berumur 3—12 bulan, media tanam yang digunakan adaah cocopeat dan cacahan pakis dengan perbandingan 1:2

Loading...
Loading...