Membuat Larutan Mikroorganisme Lokal (MOL) dari Sampah Organik

Pertanianku— MOL atau larutan mikroorganisme lokal adalah cairan yang terbuat dari bahan organik alami. MOL memiliki banyak fungsi, salah satunya sebagai bioaktivator dalam proses pengomposan sehingga proses pengomposan berjalan lebih cepat. Pada dasarnya Anda bisa membuat larutan mikroorganisme lokal sendiri dengan memanfaatkan sampah organik, seperti sisa sayuran, keong mas, dan sisa buah-buahan.

mikroorganisme lokal
foto: Pertanianku

Sisa sayuran yang bisa dibuat menjadi MOL ialah sayuran hijau seperti kol, sawi, mentimun, kangkung, dan bayam. Bahan-bahan organik tersebut akan dicampur dengan bahan lainnya dan difermentasikan selama beberapa minggu.

Membuat larutan mikroorganisme lokal sendiri di rumah dapat menjadi salah satu solusi memanfaatkan sampah-sampah organik yang dihasilkan tiap hari di rumah dan memenuhi kebutuhan pupuk organik untuk skala kecil. Nah, untuk Anda yang tertarik ingin membuatnya sendiri, simak ulasan berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 100 kg limbah sayuran hijau
  • 5 kg garam atau 5 persen dari berat bahan
  • 10 liter air cucian beras
  • 200 gram gula merah
  • 1 drum pastik besar berukuran 200 liter
  • 1 m2 plastik transparan

Cara membuat:

  1. Potong kecil-kecil limbah sayuran dan masukkan ke plastik. Setiap ketebalan 20 cm, taburi dengan garam secara mera Kemudian lanjutkan lagi penimbunan limbah sayur hingga seluruh bahan habis.
  2. Tambahkan air cucian beras.
  3. Tutup drum rapat dengan plastik. Di atas lembaran plastik tersebut diisi air hingga penutup plastik cekung terisi air.
  4. Diamkan selama 3—4 minggu, setelah itu buka plastik Akan terlihat cairan warna kuning kecokelatan. Cairan tersebut beraroma seperti bor dan memiliki derajat keasaman sekitar 3—5.
  5. Tambahkan gula sebanyak 2 ons dan aduk hingga rata.

MOL tersebut berguna mengomposkan bahan organik. Sebelum diberikan ke bahan organik, 1 liter larutan MOL dicampur dengan 10 liter air dan ditambahkan gula sebanyak 200 gram, lalu aduk hingga rata.

Baca Juga:  Lokasi Penanaman yang Tepat untuk Tanaman Karet Menghasilkan Lateks

Cara membuat larutan mikroorganisme dari bahan-bahan organik lainnya dapat Anda simak di buku Cara Cepat Buat Kompos dari Limbah. Tidak hanya MOL, Anda juga bisa mendapatan beragam informasi penting lainnya tentang pembuatan kompos dari limbah. Untuk mendapatkannya sebagai referensi, Anda bisa langsung menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya.