Membuat Media Tanam Kaktus yang Ideal Sesuai dengan Umur Tanaman

Pertanianku — Kaktus menjadi salah satu pilihan tanaman hias yang digemari oleh masyarakat karena bentuknya yang unik serta bisa beradaptasi dengan kondisi apa pun. Kaktus berukuran kecil banyak diletakkan di meja kerja karena dapat menambah nilai estetika. Meskipun bisa tumbuh pada lingkungan apa saja, media tanam kaktus tetap harus disesuaikan dengan karakteristik tanaman agar pertumbuhan pohon menjadi optimal.

media tanam kaktus
foto: pixabay

Selain bisa bertahan pada lingkungan baru, kaktus juga tahan terhadap segala cuaca, penyesuaian tersebut terlihat dari bentuk sosoknya yang beraneka ragam. Di habitat alaminya kaktus meminimalisir pembentukan daun, bahkan tidak membentuk daun sama sekali untuk menjaga persediaan air dalam tanaman.

Pada kondisi cauca yang sangat panas, kaktus beradaptasi dengan cara membentuk kulit yang tebal dan berlapis lilin. Kelebihan inilah yang menyebabkan kaktus mudah dipelihara sehingga banyak hobiis yang tertarik untuk memeliharanya.

Loading...

Media tanam yang ideal adalah porous sehingga bisa menyimpan air secukupnya, kelembapan media rendah, dan sirkulasi udara yang baik.

Pasir kasar bisa digunakan sebagai media tanam kaktus. Oleh karena itu, tanaman kaktus menyukai tanah yang mengandung kapur, batu kapur bisa ditambahkan ke dalam media tanam berupa bubuk batu kapur kasar atau puing-puing sisa reruntuhan tembok.

Media tanam kaktus berbeda-beda di setiap umur pohon, bibit kaktus menggunakan campuran tanah porous, bubuk batu kapur atau pecahan batu, pasir berbutir kasar, serta pupuk kandang atau kompos. Sementara, kaktus dewasa menggunakan media tanam berupa campuran serbuk batu kapur, puing tembok, dan serpihan rumah keong. Pupuk kandang yang sudah terfermentasi dengan sempurna digunakan untuk menambahkan unsur hara dalam media tanam.

Berikut ini formula media tanam yang bisa Anda ikuti.

  • Formula 1 untuk bibit atau kaktus muda: Tanah porous, bubuk batu kapur, pasir kasar, dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1:1
  • Formula 2 untuk bibit atau kaktus muda : Tanah porous, pecahan batu bata, pasir kasar, dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1:1
  • Formula 1 untuk kaktus dewasa: Tanah porous, pasir kasar dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:1:1
  • Formula 2 untuk kaktus dewasa: Tanah porous, pasir kasar, pupuk kandang, dan bubuk bata merah dengan perbandingan 1:1:1:1
Baca Juga:  Khasiat Bambu Kuning untuk Mengobati Kolesterol dan Hepatitis

 

Loading...
Loading...