Membuat Minyak dengan Lemak Panas (Maserasi)

Pertanianku – Metode pembuatan minyak dengan lemak panas tidak berbeda jauh dengan metode lemak dingin. Bahan dan peralatan yang digunakan pun tidak jauh berbeda. Perbedaannya hanya terletak pada bagian awal proses, yaitu menggunakan lemak panas.

Ekstraksi dengan Lemak Panas

  1. Alat pembuat minyak

Pada metode maserasi, alat yang digunakan yaitu evaporator vakum. Selain itu, dibutuhkan wadah berupa bak atau baskom untuk merendam bunga dalam lemak panas.

  1. Bahan penunjang proses pembuatan minyak

Bahan yang diperlukan dalam metode maserasi yaitu lemak dan alkohol. Lemak digunakan sebagai adsorben, sedangkan alkohol digunakan untuk melarutkan lemak.

  1. Proses pembuatan minyak

Mula-mula, pilih bunga yang bagus dengan tingkat ketuaan optimum (belum mekar penuh). Selanjutnya, rendam bunga dalam lemak yang telah dipanasi sampai suhunya mencapai 80o C (kondisi cair) dan biarkan selama satu malam. Keesokan harinya, tambahkan alkohol panas dalam lemak, lalu aduk dan saring untuk memisahkan bunganya. Selanjutnya, simpan campuran lemak dan alkohol dalam pendingin agar membeku sehingga mudah dipisahkan. Pemisahan dilakukan dengan penyaringan sampai larutan benar-benar bebas dari lemak. Larutan yang bebas lemak tersebut selanjutnya dievaporasi pada kondisi vakum sampai diperoleh absolute.

Adapun metode maserasi dilakukan dengan beberapa tahap seperti terlihat pada Ilustrasi 7.

 

Sumber: Buku memproduksi 15 minyak asiri berkualitas

 

Baca Juga:  SIJALU, Aplikasi Layanan Balai Inseminasi Buatan Lembang

loading...