Membuat Pakan Fermentasi untuk Ternak Kambing

Pertanianku – Di digital saat ini segala sesuatu pekerjaan dilakukan serba menggunakan teknik dan pengolahan yang baik. Seperti halnya pada budi daya dan ternak kambing. Dalam hal ini diperlukan beberapa teknik yang dapat memberikan hasil maksimal, yakni kuantitas yang banyak, kualitas yang terjamin, dan biaya pemeliharaan yang murah.

Membuat Pakan Fermentasi untuk Ternak Kambing

Salah satu yang menjadi masalah yang dialami oleh para petani adalah pakan ternak. Pakan yang terjamin mutu dan nutrisinya tentu sangat dibutuhkan untuk menghasilkan hasil yang maksimal. Akan tetapi biasanya pakan seperti itu sangat mahal. Maka perelu adanya inovasi pakan ternak modern yang murah dan banyak dijumpai dan terbuat dari limbah seperti jerami dan pohon pisang (debog). Proses pembuatannya yang sangat mudah, berikut cara pembuatan pakan fermentasi untuk ternak kambing.

Loading...

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

  1. EM4
    2. Jerami
    3. Gedebog
    4. Rumput kering/ ampas kacang

Cara pembuatannya:

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah cacah kecil-kecil jerami dan pohon pisang (debog). Setelah itu siapkan larutan gula, EM4, dan parutan nanas yang dicampur dengan air sebanyak 1 liter untuk bahan basah (gedebog) dan 10 liter bahan kering (jerami) sebayak 10 liter. Tambahkan ampas kedelai dan bekatul, aduk sampai rata sempurna. Masukkan dalam drum/wadah kedap udara lalu diamkan selama 1 hari untuk bahan kering (jerami) dan 1–3 jam untuk bahan basah (gedebog). Pakan sudah siap diberikan pada kambing sebanyak 1–2 kali sehari saat pagi dan sore hari.

Loading...
Loading...