Membuat Pelet Ikan Gabus dengan Mudah dan Sederhana

Pertanianku — Ikan gabus termasuk karnivora yang cenderung sulit menerima pakan tambahan. Terutama pada pemberian pakan buatan. Ikan gabus butuh adaptasi yang cukup lama saat diberikan pakan buatan. Oleh karena itu, membuat pelet ikan gabus sebaiknya dilakukan agar tidak memakan terlalu banyak biaya.

membuat pelet ikan gabus
Foto: Pertanianku

Ikan gabus menyukai pakan berupa cincangan atau gilingan daging ikan atau hewan lain, seperti cacing yang masih segar. Jika hendak diberikan pakan buatan, komposisinya harus banyak mengandung bahan pakan hewani dan aromanya merangsang.

Pakan komersial bisa berkontribusi pada 70 persen dari total biaya produksi. Mahalnya harga pakan buatan disebabkan oleh bahan yang masih diperoleh dengan cara impor. Kini, Anda bisa membuat pelet ikan gabus dengan bahan lokal dengan mudah dan sederhana.

Loading...

Kebutuhan zat gizi ikan tentu saja tergantung jenis dan umurnya. Demikian pula dengan ikan gabus. Ikan yang lebih muda memerlukan protein yang lebih tinggi untuk mempertahankan hidup dan pertumbuhannya.

Bahan pakan yang digunakan setidaknya harus memenuhi kebutuhan nutrisi protein, lemak, serat kasar, abu, dan air.

Bahan lokal yang bisa digunakan untuk membuat pakan ikan gabus antara lain tepung ikan, bungkil kacang kedelai atau kacang koro, tepung terigu, tepung daging dan tulang, dan tapioka. Perlu juga ditambahkan tepung darah, dedak, minyak ikan, vitamin, dan mineral.

Cara membuat pakan buatan sebagai berikut. Pertama, siapkan seluruh bahan-bahan dan SNI pakan ikan gabus. Kedua, formulasikan pakan ikan gabus sesuai dengan SNI untuk pembesaran atau induk.

Karena ikan gabus belum memiliki SNI pakan, Anda bisa mengakses patokan bahan-bahan yang digunakan dalam berbagai literatur. Salah satunya terdapat dalam buku Budidaya Ikan Gabus.

Jika sudah, bahan baku ditimbang sesuai kebutuhan formula. Bahan-bahan yang sudah ditimbang kemudian dicampur hingga merata. Kemudian, siapkan cetakan pelet. Masukkan campuran ke cetakan tersebut. Lakukan pendinginan hingga pelet mengeras.

Baca Juga:  Tahapan Budidaya Artemia

Lakukan pengayakan untuk memastikan ukuran pelet. Pelet kemudian dikemas dan diberi label. Jika tertarik, Anda bisa melakukan bisnis pelet lokal ini dengan menjual pelet buatan Anda ke pembudidaya ikan gabus lainnya.

Loading...
Loading...