Membuat Pohon Durian Berbuah di Luar Musim Bukanlah Hal yang Mustahil!

Pertanianku — Durian merupakan pohon buah yang berbuah di musim-musim tertentu. Pohonnya baru berbunga setelah melewati musim kemarau. Bunga durian muncul pada musim hujan dan dilanjutkan dengan membentuk buah yang bisa dipanen. Karena musiman, buah durian menjadi langka dan mahal. Padahal, Anda bisa membuat pohon durian berbuah di luar musim durian.

pohon durian berbuah
foto: pertanianku

Musim durian sangat bergantung pada pola iklim setempat. Upaya untuk membuat pohon durian berbuah di luar musim biasanya dilakukan dengan mendorong kondisi tanaman durian mirip saat pergantian musim, yakni dari musim kemarau ke musim hujan.

Pada musim kemarau, proses fotosintesis pohon akan meningkat karena sinar matahari yang didapatkan cukup sehingga membuat penumpukan unsur nitrogen tinggi. Sementara itu, penyerapan air tanah yang membawa unsur nitrogen berkurang sehingga proses pertumbuhan dan perbanyakan sel berkurang. Akibatnya, kadar C/N meningkat dan menyebabkan tanaman melakukan induksi pembungaan.

Loading...

Ada banyak cara untuk membuat kadar C/N di dalam tanaman meningkat, bisa dilakukan secara mekanis ataupun kimiawi. Kadar C/N yang meningkat bisa menyebabkan tanaman berbunga di luar musim. Namun, sebelum Anda melakukan pembungaan di luar musim, kondisi tanaman harus disesuaikan agar mampu berbunga.

Jika kondisi tanaman tidak siap untuk melakukan pembungaan, pohon bisa mengalami kelelahan dan mati.

Pohon durian yang sudah bisa dilakukan pembungaan di luar musim adalah pohon yang sehat ditandai dengan percabangan yang merata dan daun berwarna hijau tua mengilap, tanaman tidak dalam periode trubus agar tidak mengganggu siklus pertumbuhan vegetatif tanaman, serta umur tanaman sudah cukup atau sudah pernah mengalami pembungaan.

Untuk mempersiapkan kondisi pohon agar siap melakukan pembungaan di luar musim, Anda harus memenuhi seluruh kebutuhan hara pohon dengan benar.

Baca Juga:  Cara Memelihara Pohon Terung yang Ditanam Secara Organik

Meskipun pembungaan bisa dilakukan di luar musim, cara seperti ini hanya bisa dilakukan satu kali dalam setahun untuk menjaga pertumbuhan pohon agar tetap normal. Siklus lengkap tanaman durian pun membutuhkan waktu sekitar satu tahun. Oleh karena itu, Anda harus tetap sabar menantinya.

 

 

 

Loading...
Loading...