Membuat Probiotik Herbal untuk Ternak Ayam Kampung

Pertanianku —  Permintaan ayam kampung semakin marak ketika tren gaya hidup sehat meningkat. Ayam kampung dianggap lebih sehat karena tidak diberikan obat-obatan ataupun antibiotik kimiawi. Para peternak ayam kampung lebih memilih menggunakan probiotik herbal sebagai gantinya.

probiotik herbal
foto: pixabay

Penggunaan probiotik herbal selain bermanfaat untuk kesehatan ayam juga dapat meminimalisir bau di dalam kandang. Hal ini dikarenakan obat herbal ini mampu membuat kotoran ayam menjadi kering, remah, dan tidak mengeluarkan bau.

Pada umumnya pemanfaatan rempah untuk hewan peliharaan seperti ayam kampung sudah ada sejak dulu. Khasiat rempah yang digunakan seperti kencur, jahe, bawang putih, temulawak dan rempah-rempah lainnya sudah terbukti ampuh meningkatkan nafsu makan ayam dan telah dibuktikan oleh peternak di berbagai daerah.

Loading...

Jika herbal mampu menjaga kesehatan ayam, para peternak juga banyak yang menggunakan probiotik sebagai bahan asupan tambahan di pakan ternak. Probiotik itu sendiri adalah cairan yang berisi kandungan bakteri baik yang bermanfaat untuk pencernaan ternak. Probiotik juga mampu menekan bakteri patogen, mengoptimalkan pertumbuhan ayam dan menurunkan risiko ayam terserang penyakit.

Probiotik dibuat dengan cara mencampurkan starter probiotik dengan 1 kilogram gula pasir, 100 gram tepung ikan, 10 tepung NPK, 250 gram tepung terigu dan 10 liter air bersih. Campur semua bahan menjadi rata, lalu aerasi menggunakan aerator selama 7 hari. Selama proses pembuatan, wadah ditutup dengan kain halus dan tunggu hingga berbau harum seperti tapai.

Setelah memahami tumbuhan apa saja yang dapat menjadi jamu herbal untuk ayam dan proses pembuatan probiotik, selanjutnya Anda dapat gabungkan dua proses tersebut sehingga akan menghasilkan probiotik herbal. Nah, berikut cara membuat probiotik herbal.

  1. Bahan-bahan tanaman obat dicuci bersih sambil disikat tidak usah dikupas kulitnya.
  2. Iris lalu blender halus sembari dicampur air sebanyak 2 liter.
  3. Saring hasil blender menggunakan saringan halus dan peras hingga habis airnya.
  4. Tambahkan air hasil saringan dengan 2 liter air bersih ke dalam ember dengan kapasitas 10 liter.
  5. Masukkan probiotik, lalu tutup permukaan ember dengan kain kasa untuk mencegah lalat dan serangga.
  6. Diamkan selama 7 hari.
Baca Juga:  Olahan Telur Itik Sehat nan Lezat

Aplikasi probiotik cukup ampuh diberikan melalui air minum dengan dosis 2 ml/liter air minum dan diberikan setiap hari hingga ayam berusia sekitar 18 minggu. Pengobatan untuk ayam di bawah umur dua bulan dilakukan dengan cara mengencerkan probiotik herbal dengan cara dicekok dengan dosis 1 ml/ekor/hari.

 

Loading...
Loading...