Membuat Ramuan Daun Jambu Biji Penghilang Diare

Pertanianku – Diare merupakan salah satu masalah pencernaan yang tak bisa disepelekan. Diare yang terjadi terus-menerus setiap hari bisa menyebabkan dehidrasi, infeksi pencernaan, hingga masalah serius lainnya. Umumnya, seseorang yang mengalami diare akan cepat lemas, kurang fokus, dan tidak semangat. Hal ini terjadi karena cairan di dalam tubuh mungkin saja telah terkuras sedikit demi sedikit akibat diare.

Membuat Ramuan Daun Jambu Biji Penghilang Diare

Ketika Anda mengalami masalah diare, dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih dan cukup istirahat. Anda juga sangat disarankan untuk minum obat diare. Tak perlu obat yang dibeli di apotek, obat diare bisa dibuat sendiri di rumah menggunakan bahan alami. Salah satu obat diare yang bisa dibuat sendiri adalah ramuan daun jambu biji. Seperti apa cara membuat obat ini? Berikut bahan-bahan yang perlu disiapkan dan cara membuatnya.

Loading...

Bahan yang diperlukan:

  • 20 lembar daun jambu biji (cuci bersih)
  • 2 gelas air
  • 1 sdt tepung beras

Cara membuat:

Panaskan air lalu rebus daun jambu biji hingga mendidih. Jika sudah mendidih, angkat lalu masukkan tepung beras ke dalamnya. Aduk rata lalu saring dan biarkan hangat atau dingin.

Jika ramuan dari daun jambu biji sudah jadi, segera minum. Jika Anda rutin minum ramuan ini dua kali dalam sehari setelah bangun tidur dan sebelum tidur, akan mengobati diare dalam hitungan hari.

Selain mengobati diare, ramuan daun jambu biji yang direbus bersama akar jambu biji juga bisa bermanfaat untuk mengobati masalah disentri. Sementara itu, makan daun jambu biji yang masih muda dipercaya bisa mengatasi masalah cacingan pada anak. Untuk buah jambu biji sendiri, bisa meningkatkan kadar trombosit yang turun akibat risiko demam berdarah atau penyakit berbahaya lainnya.

Baca Juga:  Resep Ramuan Mengkudu yang Sangat Berkhasiat untuk Kesehatan
Loading...
Loading...