Membuat Ramuan Herbal dari Alpukat


Pertanianku – Alpukat atau avokad merupakan salah satu buah yang diklaim memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain dijadikan campuran sop buah, jus, atau makanan lainnya, ternyata bisa dimanfaatkan sebagai obat alami. Menurut riset, manfaat alpukat sangat beragam mulai dari untuk penyakit yang sederhana sampai penyakit yang sangat berbahaya seperti kanker yang tidak hanya diperoleh dari manfaat kulit manggis dan sirsak.

Kandungan terbaik alpukat adalah saponin dan flavanoida. Jadi, tidak hanya daging buah saja, bahkan daun alpukat pun berkhasiat mengatasi kencing batu, tekanan darah tinggi, sakit kepala, nyeri saraf, nyeri lambung, bronkitis, dan lain-lain. Sementara itu, biji alpukat ampuh mengatasi diabetes, sakit gigi, dan beberapa penyakit lainnya.

Lalu, bagaimana cara membuat ramuan herbal dari alpukat, berikut penjelasannya:

  1. Mengatasi sariawan

Cara pembuatan: ambil 1 buah alpukat yang telah masak (ambil daging buahnya). Campurkan daging buah alpukat dengan 2 sendok madu murni, lalu dimakan sebanyak satu kali saja dalam sehari.

  1. Mengatasi sakit gigi akibat gigi berlubang

Cara pembuatan: masukkan bubuk biji alpukat pada gigi berlubang atau gigi yang sakit. Minumlah sebanyak dua kali sehari.

  1. Mengatasi sakit kepala, nyeri lambung, nyeri saraf, dan masalah pernapasan

Cara pembuatan: ambil 3 lembar daun alpukat, rebus dengan air secukupnya. Minumlah dengan dicampur sedikit madu agar lebih terasa manis.

  1. Mengatasi diabetes

Cara pembuatan: potong-potong biji alpukat secukupnya saja, keringkan lalu sangrai. Tumbuk menjadi serupa bubuk. Seduhlah bubuk alpukat dengan air panas secukupnya. Minum selagi masih hangat lebih dianjurkan.

  1. Mengatasi tekanan darah tinggi

Cara pembuatan: ambil 3 lembar daun alpukat, lalu cuci sampai bersih. Rebus dengan air secukupnya. Dinginkan air rebusan dan tambahkan sedikit madu. Minumlah dua kali sehari.

Baca Juga:  Merawat Ginjal agar Lebih Sehat dengan Buah dan Sayuran ini
loading...
loading...