Membuat Ramuan Penambah Stamina Tubuh dari Lempuyang Gajah

Pertanianku — Dibandingkan tanaman rempah lainnya, lempuyang gajah hanya terkenal menjadi rempah obat-obatan karena hanya sering digunakan dalam dunia farmasi. Sangat banyak khasiat lempuyang gajah yang memiliki efek farmakologis mengobati nyeri perut, cacingan, disentri, lemah usus dan lambung, batu ginjal, sesak napas, borok, serta menaikkan stamina tubuh agar tetap fit.

lempuyang gajah
foto: balkotfarm.jakarta.go.id

Tanaman herba ini memiliki rasa pedas, tajam, dan bersifat hangat. Rempah ini bisa Anda konsumsi dengan cara diolah menjadi berbagai macam ramuan herbal. Berikut ini beberapa resep ramuan herbal yang terbuat dari lempuyang gajah.

Menambah nafsu makan

Loading...

Rebus 10 gram rimpang lempuyang gajah dengan 3 butir kapulaga, 10 gram jahe, 10 gram rimpang temulawak, dan 600 ml air hingga air yang tersisa hanya 300 ml. Saring air rebusan dan minum sebanyak 2 kali sehari masing-masing sebanyak 150 ml.

Penambah stamina tubuh

Parut 25 gram rimpang lempuyang gajah dan tambahkan gula merah secukupnya. Rebus bahan tersebut dengan 600 ml air hingga hanya tersisa 300 ml. Saring air rebusan dan minum ramuan selagi masih hangat.

Sakit perut dan diare

Haluskan sebanyak 15—25 gram rimpang, lalu rebus dengan 400 ml air hingga tersisa 200 ml air. Saring air rebusan dan minum sekaligus, satu kali sehari saat ramuan masih hangat.

Bisul

Cuci bersih 10 gram rimpang, lalu parut dan saring airnya. Minum air saringan tersebut dan tempelkan ampasnya pada bagian bisul.

Kencing batu

Rebus 10 gram rimpang, 20 gram daun kumis kucing, 5 gram temulawak, 5 gram daun keji beling, dan 5 gram meniran segar dengan 600 ml air hingga hanya tersisa 300 ml. Saring air rebusan, lalu minum selagi masih hangat 2 kali sehari, masing-masing sebanyak 150 ml.

Baca Juga:  Langkah Mudah Menanam Pare di Pekarangan

Sakit empedu dan kejang pada anak

Haluskan beberapa rimpang lempuyang gajah dan 30 gram krokot, lalu rebus dengan 300 ml air hingga air mendidih. Saring air rebusan tersebut dan minum sekaligus satu kali sehari saat ramuan masih hangat.

 

 

 

 

Loading...
Loading...