Membuat Sendiri Silase untuk Pakan Sapi Potong

Pertanianku — Kebutuhan pakan sapi potong terdiri atas pakan hijauan dan pakan konsentrat. Banyaknya pakan yang diberikan pun beragam, tergantung jenis kelamin, usia, dan fase pertumbuhan sapi. Komposisi pakan hijauan dan pakan konsentrat juga harus seimbang.

 pakan sapi potong
Foto: pixabay

Pakan hijauan dapat dicukupi dengan berbagai rumput-rumputan segar, daun-daunan, jerami, hay, dan silase. Seluruh kebutuhan pakan hijauan ataupun konsentrat akan membuat dana pembelian pakan membengkak. Namun, ternyata pakan tidak harus dibeli langsung. Anda dapat membuatnya sendiri untuk menghemat pengeluaran. Salah satunya adalah dengan membuat silase.

Silase merupakan hijauan yang difermentasi sehingga dapat diberikan dalam jangka waktu lebih lama dibandingkan dengan hijauan segar. Selain menghemat, membuat silase juga dapat dimanfaatkan sebagai langkah menyimpan hijauan segar agar masih bisa dimanfaatkan kemudian hari.

Pembuatan silase membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut.

  • Rumput gajah atau hijauan lain seberat 50 kilogram
  • Tetes tebu atau molase seberat 1,5 kilogram. Jika Anda menggunakan perbandingan berat lain, pastikan tetes tebu seberat tiga persen dari berat bahan utama silase
  • Dedak halus 1,5 kilogram atau lima persen dari bahan silase
  • Menir seberat 1,75 kilogram atau sekitar 3,5 persen dari bahan silase
  • Onggok sebanyak 1,5 kilogram atau tiga persen dari bahan silase
  • Silo atau kantong plastik untuk tempat penyimpanan

Langkah membuat silase:

Pertama, potong rumput hijau jadi sepanjang 5—10 cm menggunakan arit atau chopper. Potongan rumput yang kecil bertujuan agar rumput dapat dimasukkan ke silo dalam keadaan rapat dan padat. Maksudnya adalah supaya tidak ada ruang untuk oksigen dan air ikut masuk ke silo.

Kedua, campurkan semua bahan (tetes tebu, dedak halus, menir, dan onggok) dengan potongan rumput segar tersebut. Aduk hingga rata.

Ketiga, masukkan campuran bahan pakan dalam silo hingga melebihi permukaan silo. Padatkan hingga benar-benar padat dan tidak terdapat rongga udara.

Terakhir, tutup bahan pakan dengan lembaran plastik. Lalu, tutup rapat dan beri pemberat, misal batu atau kantong plastik yang sudah diisi dengan tanah pada bagian atas silo.

Fermentasi silase akan memakan waktu enam sampai delapan minggu. Setelah waktu tersebut, silo dapat dibongkar dan silase diambil. Anda sebaiknya jangan mengambil silase secara keseluruhan. Ambil sedikit demi sedikit untuk stok pakan selama tiga hingga lima hari saja.

Sebelum diberikan pada sapi potong, sebaiknya silase dijemur atau diangin-anginkan terlebih dahulu. Proses pembuatan dan penyimpanan silase yang baik dapat menghasilkan silase yang bisa disimpan hingga satu atau dua tahun.

Loading...