Membuat Sendiri ZPT Organik Terbaik untuk Tanaman


Pertanianku — ZPT (zat pengatur tumbuh) adalah substansi organik yang diproduksi secara alami oleh tanaman. Dalam konsentrasi yang rendah, ZPT mampu memengaruhi proses fisiologi tanaman. Terdapat beberapa ZPT antara lain auxin, gibberellin, dan cytokinin. Nah, dalam hal ini, Anda ternyata bisa membuat sendiri ZPT organik untuk tanaman Anda.

membuat sendiri ZPT organik
Foto: Pixabay

Salah satu manfaat ZPT adalah meningkatkan potensi hidup suatu benih tanaman secara signifikan. Sayangnya, harga produk ZPT yang beredar di pasaran terbilang cukup mahal. Beruntung karena ternyata ZPT juga bisa dibuat dari bahan-bahan alami yang dapat kita temukan dengan mudah. ZPT yang seperti ini sangat sesuai untuk digunakan di dalam pertanian organik.

Bahan-bahan:

  • Tauge, bekicot, atau keong mas digunakan untuk membuat auxin.
  • Biji jagung atau rebung digunakan untuk membuat gibberellin.
  • Air kelapa atau bonggol pisang digunakan untuk membuat cytokinin.
  • Mikro-organisme pengurai, yaitu EM4 atau MOL.
  • Air

Alat-alat yang dipakai:

  • Mesin blender
  • Saringan
  • Ember

Proses pembuatan:

  1. Tentukan apakah Anda ingin membuat ZPT yang berjenis auxin, gibberellin, atau cytokinin. Kemudian siapkan bahan dasar untuk membuat ZPT tersebut sesuai dengan petunjuk di atas.
  2. Giling bahan utama tadi menggunakan blender sampai benar-benar halus. Kemudian hasil dari penggilingan ini dicampurkan dengan air dengan perbandingan yang sama. Misalnya, jika hasil gilingan tersebut sebanyak 1 liter, air yang perlu dicampurkan pun harus 1 liter pula.
  3. Masukkan campuran tersebut ke ember yang cukup besar. Diamkan ZPT ini kurang lebih selama 10—15 hari agar terjadi proses fermentasi.
  4. Sebelum digunakan, ZPT ini wajib disaring terlebih dahulu untuk memisahkan air sari dari ampasnya. Kini ZPT yang bersifat organik buatan Anda sendiri pun siap digunakan.

Tahukah Anda? Bawang merah merupakan ZPT alami yang mempunyai khasiat paling kuat dibanding bahan-bahan lainnya. ZPT yang terbuat dari bawang merah ini mampu meningkatkan daya tumbuh serta merangsang pertumbuhan tunas tanaman.

Baca Juga:  Teknik Budidaya Jamur Kuping dengan Media Serbuk Gergaji

Untuk membuatnya, Anda tinggal mencampurkan 6—10 butir bawang merah yang telah dihancurkan dengan 1 liter air. Kemudian rendamlah benih tanaman ke dalam campuran ini selama 6—12 jam. Penerapan lainnya juga bisa dilakukan dengan menyemprotkan ZPT ini ke tanaman dengan dosis 200—400 ml.