Membudidayakan Tanaman Sirsak


Pertanianku – Sirsak ditanam pada jarak 4—5 m. Bibit okulasi yang telah mencapai tinggi 70 cm ditanam pada lubang berukuran 40 cm x 40 cm x 40 cm. Setiap lubang diberi pupuk kandang yang telah jadi sekitar 10 kg. Pupuk buatan yang diberikan berupa 100 g urea, sekitar 100 g TSP (134 kg SP-36), dan sekitar 60 g KCl/pohon. Frekuensi pemupukan, yaitu tiga kali per tahun dengan selang empat bulan.

Mengenal Hama Tanaman Sirsak

Tanaman sirsak tidak pernah dipangkas. Pemeliharaan yang penting dilakukan adalah pembersihan rumput di sekitar batang dan pembersihan lumut maupun benalu yang menempel di pohon. Pemberian mulsa dengan jerami kering di sekitar pangkal batang dapat mencegah penguapan tanah yang berlebihan.

Cabang dan ranting yang sakit perlu dipangkas. Penyerbukan alamiah yang tidak sempurna akan menghasilkan buah bengkok. Penyerbukan buatan tidak biasa dilakukan oleh petani. Padahal, penyerbukan buatan dapat memperbaiki pembuahan. Oleh karena itu, cara penyerbukan buatan yang tepat perlu diketahui, yakni dilakukan pada saat putiknya reseptif (siap diserbuki atau matang).

Sumber:  Buku Berkebun 26 Jenis Tanaman Buah

Baca Juga:  Tips Menyimpan Mangga Agar Tidak Cepat Busuk