Memelihara Kambing yang Sedang Bunting

Pertanianku — Proses pemeliharaan saat kambing bunting sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini karena embrio ternak bersifat labil, terutama saat umur kebuntingan masih muda. Embrio yang masih berumur seminggu masih sangat rentan mati.

kambing bunting
foto: pertanianku

Kematian embrio bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti kondisi pakan, terjadi ketidakseimbangan hormonal induk, dan induk terserang penyakit (vibriosis dan bruchelosis).

Cara mengetahui kambing sudah bunting atau belum adalah dengan meraba perut bagian atasnya. Jika perut bagian atas induk sudah berbentuk cekung, kemungkinan induk sudah bunting. Anda bisa melakukan beberapa perawatan penting saat induk kambing bunting.

Loading...

Pakan

Pakan merupakan salah satu faktor penting dalam proses pemeliharaan kambing bunting. Dengan pemberian pakan berkualitas, kebutuhan zat gizi untuk pertumbuhan janin serta induknya akan tercukupi, terutama produksi susu akan terpenuhi.

Bahan pakan yang dibutuhkan oleh kambing bunting adalah bahan yang mengandung kalsium, asam amino esensial (lisin), dan karbohidrat sebagai sumber energi. Contoh formula pakan yang bisa diberikan adalah hijauan 3 kg dan konsentrat yang terbuat dari dedak padi (0,5 kg), jagung (0,5 kg), dan garam dapur 1 sendok teh.

Pakan harus diberikan dalam keadaan yang baik agar nutrisinya tidak hilang dan induk tidak kehilangan nafsu makan. Pemberian pakan tidak boleh terlalu berlebihan karena bisa menyebakan janin terlalu besar dan proses kelahiran menjadi lebih sulit.

Pisahkan induk yang bunting

Induk yang sudah ketahuan bunting harus dipisahkan dari kambing lainnya untuk meminimalisir terjadinya benturan atau gangguan lain yang disebabkan oleh kambing. Pemisahan harus dilakukan dengan hati-hati, jangan sampai kambing mengalami luka akibat proses pemisahan tersebut.

Perhatikan lantai kandang yang digunakan. Jika jarak antarbilah di lantai terlalu besar, kambing rawan terpelosok.

Baca Juga:  Mengenal Bangsa-bangsa Domba Indonesia

Pisahkan kambing ke kandang khusus agar kambing lebih nyaman dan aman hingga kambing melahirkan. Pastikan kandang tidak licin dan kambing bisa bergerak dengan leluasa di dalam kandang.

Kambing yang di dalam kandang juga harus mendapatkan sinar matahari cukup. Sinar matahari tersebut sangat berguna untuk melancarkan proses melahirkan.

Loading...
Loading...