Memelihara Murai Di dalam rumah


Pertanianku – Yang dimaksudkan penangkaran di dalam rumah (indoor) adalah semua kandang penangkaran diletakkan dalam satu ruangan. Pemilihan ini dilakukan karena lokasi atau tempat yang ada sangat terbatas, sedangkan jumlah pasangan murai yang akan ditangkarkan banyak.

Menangkarkan Murai

Peternak menempatkan setiap pasangan murai dalam kandang relatif kecil. Cara seperti ini hanya bisa dilakukan pada indukan hasil ternakan yang sudah cukup jinak dan pelakunya harus cukup berpengalaman. Adapun keuntungan dan kekurangan menangkarkan murai di dalam rumah adalah sebagai berikut.

a. Keuntungan

Keuntungan menangkarkan murai dalam satu ruangan atau dalam rumah berupa ketenangan dan terjaminnya keselamatan burung. Hanya saja, biasanya penangkar menggunakan sangkar berukuran kecil untuk lebih menghemat tempat. Tujuannya agar bisa ditempatkan kandang penangkaran yang banyak dalam satu ruangan. Begitu juga dengan anak-anaknya yang dihasilkan cukup banyak.

b. Kekurangan

Kelemahan menangkarkan murai dalam ruangan dan menggunakan kandang berukuran kecil adalah hasil anakannya kurang baik, terlebih lagi dalam jangka panjang. Faktor utama yang menjadi penyebabnya adalah indukan tidak mendapat sinar matahari secara langsung. Padahal, sinar ultraviolet sangat dibutuhkan untuk memperlancar metabolisme dan proses reproduksi. Sekalipun disiasati dengan memberikan vitamin secara teratur, pengaruhnya tidak terlalu besar pada kualitas anak turunannya, terutama suara kicauannya. Artinya, perlu trik dan kerja keras untuk bisa mendapatkan anakan unggul.

Permasalahan lain yang penting dan harus diingat adalah burung murai suka bergerak. Itulah yang membuatnya sulit menjadi gemuk dalam sangkar soliternya, sekalipun diberi pakan bergizi tinggi setiap hari. Apa yang akan terjadi jika murai sudah jarang bergerak karena tempatnya sempit? Sementara itu, menu makanan yang diberikan, terutama saat akan kawin dan meloloh anak-anaknya, mengandung protein tinggi. Bayangkan sendiri akibatnya bisa seperti apa? Namun, jika ingin beternak murai di dalam rumah dengan berbagai alasan, syarat utamanya yang harus terpenuhi; pertama, tempatnya harus dibuat terang, baik siang dan malam hari. Kedua, sirkulasi udaranya harus dijaga agar benar-benar bagus.

Baca Juga:  Cara Ternak Marmut Supaya Beranak Pinak

 

Sumber: Buku Sukses Beternak Murai Batu

 

loading...
loading...