Memilih Calon Induk Kambing

Pertanianku – Induk yang baik merupakan kunci utama pemeliharaan kambing. Induk betina yang bertubuh besar pada umumnyamenghasilkan susu yang lebih banyak. Hal pokok yang harus diperhatikan dalam memilih induk betina adalah calon induk harus sehat, tampak bersemangat, aktif bergerak, kepala selalu tegak, mata bercahaya, pertumbuhan bagus, rambut dan bulu-bulunya mengilap, dan bebas dari cacat tubuh yang bersifat menurun. Namun, berikut ini kriteria pemilihan calon induk, baik jantan maupun betina.

Memilih Calon Induk Kambing

 

Loading...
  1. Calon bibit yang dibeli berasal langsung dari peternak.
  2. Calon induk yang baik dapat diketahui dengan melakukan seleksi. Seleksi bisa dilakukan dengan memperhatikan catatan kemampuan produksi setiap individu anak yang dicirikan dari timbangan berat waktu lahir, jumlah kelahiran, dan berat diwaktu sapih. Selain itu, dapat diketahui pula dari kemampuan produksi tetuanya (induk jantan dan betina) serta saudara-saudara dari anak pejantan.
  3. Setelah itu, dilakukan proses seleksi dengan memperhatikan penampilan fisik ternak muda mulai dari depan, samping kanan dan kiri, serta belakang. Calon yang dipilih adalah yang memiliki bentuk tubuh bagus, seimbang, dan tidak cacat. Setelah itu, perhatikan pula kesesuaian ketentuan umur, warna kulit, tinggi gumba, keadaan gigi, berat badan dengan kriteria bibit sesuai dengan persyaratan dan mutu bibit yang berlaku.
  4. Karakter yang baik terlihat dari ekspresi muka yang cerah, tenang, pandangan mata berseri. Kambing jantan yang baik sifatnya agresif dan tidak ada kelainan pada alat kelaminnya. Kambing betina yang baik bertingkah laku normal dengan sifat keibuan.
  5. Bentuk tubuh normal dan bagian belakang tubuh tampak berat. Hal ini merupakan tanda bahwa kambing itu mampu mendukung berat air susu.
  6. Dilihat dari bentuk tubuh.

– Dari arah depan: tubuh terlihat besar, kaki lurus, dan jarak antarkakinya lebar.

Baca Juga:  Tips Jitu Panen Jangkrik Hidup

– Dari samping: tubuh terlihat tinggi, panjang, dan dalam. Punggung lurus dan bentuk tubuh terlihat persegi panjang.

– Dari arah belakang: tubuh terlihat besar, serta kaki belakang berantara lebar dan kuat, tulang rusuk berkembang sehingga dada terlihat luas dan perkembangan daging baik.

  1. Khusus kambing betina, bentuk ambingnya besar, rasanya lembut kalau dipegang, dan mudah dilipat-lipat. Bulu yang tumbuh di sekitar ambing lembut dan halus. Di bawah kulit ambing terlihat urat-urat pembuluh darah dan kulit ambingnya mengisut. Puting susu bergantung pada ambing serta bentuknya simetris dan ukurannya cukup besar. Sifatnya keibuan, gerak-geriknya ramah, jinak, serta mampu melahirkan anak kembar.
  2. Khusus kambing jantan, tubuhnya besar dan kuat, buah zakar panjang, dan sifat kejantanannya terlihat nyata. Calon induk jantan berasal dari induk betina yang beranak dua atau lebih agar dapat menurunkan anak kembar.

Sumber: Buku Berternak Kambing Unggul

 

Loading...
Loading...