Memilih Induk Ikan Nila


Pertanianku – Untuk dijadikan induk, bobotnya harus sudah mencapai lebih dari 100 g/ekor agar produksinya maksimal. Demi keberhasilan pembenihan, ikan nila yang digunakan haruslah yang asli. Saat inim sudah banyak strain nila yang memiliki beragam keunggulan. Mulai dari nila BEST, nila Gesit, nila nirwana, nila merah, dan nila.

Membedakan kelamin jantan dengan betina sangat mudah, terutama dari sifat kelamin sekunder. Dagu induk jantan biasanya berwarna kemerahan atau kehitaman, sedangkan induk betina terlihat berwarna putih. Sirip dada pada ikan jantan berwarna cokelat kemerahan, sedangkan induk betina berwarna kehitaman.

Bila masih kurang yakin dengan tanda-tanda tersebut, dapat dilihat alat kelaminnya. Alat kelamin pada induk jantan berbentuk meruncing, sedangkan pada induk betina berbentuk bulan sabit. Pada ikan jantan, lubang tempat keluar urine dan cairan sperma menjadi satu, sedangkan lubang anus terpisah. Oleh karena itu, ikan jantan hanya mempunyai dua buah lubang, yaitu anus dan urogenital (urine dan sperma). Sementara itu, betina mempunyai tiga lubang, yaitu anus, genital, dan lubang urine.

 

Sumber: Buku Budidaya 25 Ikan di Pekarangan

loading...
loading...