Memilih Jenis yang Tepat dalam Budi Daya Ikan


Pertanianku – Agar usaha yang digeluti berhasil sesuai yang ditargetkan, para pembudidaya harus mampu mempertimbangkan berbagai faktor. Salah satu faktor tersebut adalah memiliki pengetahuan dalam memilih ikan yang berkualitas, yakni sesuai dengan kondisi lokasi budi daya, mudah  dibudidayakan, laku di pasaran, dan tentunya menciptakan kenyamanan tersendiri bagi pembudidaya.

Keunggulan Bisnis Perikanan

Bisa jadi ikan yang cocok dan berhasil dibudidayakan di suatu daerah belum tentu cocok untuk daerah yang lain karena banyak faktor yang mempengaruhi. Faktor tersebut antara lain sumber air, suhu lingkungan, serta kondisi kolam yang ada.

Faktor lain yang juga harus diperhatikan adalah jenis ikan yang akan dibudidyakan. Setiap jenis ikan memiliki spesifikasi yang berbeda. Untuk itu, pembudidaya harus mempertimbangkan beberapa hal sebagai berikut.

1) Penguasaan teknik budi daya. Untuk memulai usaha budi daya ikan tentu teknologi budi daya yang digunakan harus dapat dikuasai terlebih dahulu sehingga pembudidaya akan lebih mudah dalam melakukan pengelolaannya.

2) Pilih ikan yang memiliki ketahanan tubuh baik. Seperti makhluk hidup lainnya, ikan juga mudah mengalami stres atau kematian terutama bila kondisi lingkungan hidupnya buruk. Oleh karena itu, ikan yang cukup tahan lebih mudah dalam menanganinya karena tidak memerlukan banyak penanganan khusus.

3) Stabilitas harga. Ikan yang dibudidayakan sebaiknya memiliki nilai ekonomis yang cukup menjanjikan dalam segmentasi dan kondisi apapun. Tujuannya adalah agar ikan yang dihasilkan tetap laku di pasaran dengan harga yang bagus, meskipun dijual dalam segmen benih atau konsumsi di segala ukuran.

4) Relatif digemari masyarakat. Ikan yang sudah dikenal dengan cita rasa yang enak dan digemari masyarakat tentu lebih menguntungkan karena daya serapnya cukup bagus sehingga mudah dipasarkan.

Baca Juga:  Ingin Untung Maksimal? Pakai Cara Ini untuk Budidaya Ikan Gabus

5) Pertumbuhannya cepat. Ikan dengan pertumbuhan yang cepat lebih menguntungkan karena pemberian pakan dan waktu pemeliharaan menjadi sebentar. Saat ini, pertumbuhan ikan yang cepat dapat dipacu dengan memanfaatkan atau memberikan pakan dengan gizi yang baik dan takaran yang optimal.

6) Pakan mudah didapat. Kemudahan dalam memperoleh pakan dengan harga yang murah merupakan salah satu faktor yang bisa meminimalkan biaya produksi sehingga keuntungan yang diperoleh bisa maksimal.

7) Belum banyak dilirik. Jenis ikan yang akan dibudidayakan selain digemari masyarakat dan berharga baik, sebaiknya pilih ikan yang belum banyak diminati pembudidaya sehingga Anda tidak banyak saingan dalam memproduksinya.

 

Sumber: Buku Budidaya Ikan di Kolam Terpal