Memilih Lokasi Kandang Kelinci


Pertanianku – Mencari lokasi untuk kandang kelinci tidak terlalu sulit. Sebab, kelinci mudah sekali beradaptasi terhadap berbagai bentuk kandang yang disediakan, asalkan kondisinya memenuhi persyaratan kesehatan dan kebutuhan hidup kelinci tersebut.

Memilih Lokasi Kandang Kelinci

Kandang bisa berada di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Faktor yang perlu diperhatikan adalah sinar matahari yang masuk harus cukup. Selain itu, lokasi untuk kandang juga sebaiknya memiliki suhu yang sejuk (15—20o C), ventilasi sempurna, kering (60—90%), lingkungan tenang, dan tak jauh dari rumah.

Sinar matahari pagi sangat diperlukan karena mampu menerangi kandang sekaligus mengeringkan dan membunuh kuman-kuman penyakit. Terkait dengan hal tersebut, sebaiknya kandang dibuat menghadap timur, utara, atau selatan. Kelinci lebih tahan terhadap suhu dingin dibandingkan suhu panas. Pembuatan kandang perlu memperhatikan kecukupan suplai sinar matahari pagi, tetapi lingkungan kandang tetap sejuk. Oleh karenanya, di sekeliling lapangan batas kandang suhu dan kelembapan lingkungan yang mendukung, produktivitas kelinci akan meningkat.

Ventilasi yang sempurna berfungsi untuk mengatur keluar-masuknya udara. Udara yang telah kotor karena bau dan lembap dapat keluar digantikan dengan udara bersih dari luar. Dengan demikian, udara di dalam kandang selalu bersih, segar, dan nyaman bagi kelinci. Dengan begitu, kelinci akan selalu dalam kondisi sehat.

Kandang dan lingkungan sekitar kandang sebaiknya selalu dalam kondisi kering, tidak ada tempat yang becek atau tergenang air. Jika kandang kelinci beralas tanah, halaman di sekitar kandang perlu dibuatkan saluran air. Kandang yang becek akan menyulitkan dalam perawatan, rawan penyakit, dan menjadi lembap. Kelinci kurang tahan terhadap udara lembap dan tempat yang becek. Tempat yang lembap dan basah menyebabkan kelinci mudah pilek dan terserang penyakit kulit.

Baca Juga:  Mana yang Lebih Aman? Daging Segar atau Daging Beku? Ini Jawabannya!

 

Sumber: Buku Kelinci Potong

 

loading...
loading...