Memilih Lokasi Peternakan Ayam Broiler


Pertanianku – Penentuan lokasi juga merupakan faktor penting sebelum mendirikan usaha peternakan. Lokasi yang dipilih untuk peternakan broiler sebaiknya strategis dan dekat dengan pemasaran. Selain itu, kandang yang nyaman harus berada di lokasi yang nyaman pula.

Jenis Pakan untuk ayam Broiler

Beberapa kriteria lahan yang baik untuk peternakan broiler adalah lahan yang kurang produktif, seperti tanah pertanian kering, tegalan, atau sawah tadah hujan, tetapi air harus tersedia dalam jumlah yang memadai. Sumber air hendaknya mampu menyediakan air yang memiliki kualitas baik, baik fisik, biologis, maupun kimia. Tanpa pasokan air yag cukup, konsumsi pakan (feed intake) akan sulit tercapai dan performance broiler juga akan menurun. Untuk itu, perlu ada uji kualitas air sebelum memulai peternakan broiler. Bila kurang memenuhi, air  dapat direkayasa dengan berbagai perlakuan sehingga didapat air dengan kualitas baik. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan lokasi kandang yang ideal.

  1. Jauh dari lokasi pemukiman penduduk. Idealnya jarak kandang dengan pemukiman minimal 10 km. Namun, untuk perumahan yang sudah terbiasa dengan peternakan broiler (misalnya Tasikmalaya), jarak dengan pemukiman minimal 100 m.
  2. Jauh dari lokasi peternakan lain, minimal 0,5—1 km.
  3. Mudah mendapatkan sumber air bagus.
  4. Mudah mendapatkan sarana penunjang seperti minyak tanah, gas, dan listrik.
  5. Jalan kuat dan dapat dilalui truk bermuatan sekitar 8 ton.
  6. Lahan merupakan tanah lapang. Tidak ada pohon/bangunan yang menggangu aliran udara di sekitaranya.
  7. Tempat agak tinggi untuk menghindari kelembapan dan memudahkan irigasi serta pembuangan kotoran waktu pencucian.
  8. Mudah dalam transportasi. Untuk daerah yang jauh, biaya sapronak biasanya menjadi mahal, terutama pakan, obat, dan DOC.

Hal itu karena ada tambahan biaya transportasi sehingga BEP akan semakin tinggi. Oleh karena itu, saat ini sudah mulai dibangun pabrik pakan, obat dan breeding di Indonesia bagian timur. Tujuannya adalah mendekatkan sapronak dengan peternak agar lebih mudah diperoleh.

Baca Juga:  Cara Mudah Ternak Merpati Potong yang Datangkan Untung

 

Sumber: Buku Ayam Broiler, 22 Hari Panen Lebih Untung

 

loading...
loading...