Memilih Melon untuk Puree MPASI Bayi

PertaniankuMemilih melon yang akan digunakan sebagai bahan baku membuat MPASI bagi bayi memang harus lebih teliti. Buah bulat berwarna hijau ini pun sudah lama dikenal akan kandungan gizinya yang baik bagi pertumbuhan bayi. Berikut ini tips memilih melon yang harus dipahami orang tua.

Memilih melon
Foto: pixabay

Tips mencari melon yang baik bisa dilakukan dengan memilih buah organik terlebih dahulu. Buah organik ini dibudidayakan tanpa menggunakan pestisida dan zat kimia lainnya. Jadi, tidak ada paparan zat kimia yang akan memengaruhi nutrisi pada buah melon.

Selain itu, buah melon yang akan digunakan sebagai MPASI juga seharusnya masih dalam keadaan segar. Anda dapat mengetahuinya dari aroma buah yang tercium. Aroma buah melon ini sedikit manis dan khas sehingga dapat dibedakan antara buah yang masih segar dan tidak.

Loading...

Pilih melon yang tidak memiliki tanda cacat. Cacat fisik pada buah melon mengindikasikan adanya bakteri atau mikroorganisme lain yang sudah tumbuh dalam buah melon itu. Pastikan melon tidak luka dan bersih pada bagian permukaannya.

Agar rasa dan nutrisinya tidak banyak berubah, melon sebaiknya segera disajikan sebagai hidangan bagi si kecil. Buah melon yang masih segar akan lebih disukai karena rasanya manis dan aromanya masih harum.

Jangan terlalu lama menyimpan melon dalam kulkas. Namun, menyimpan melon ini sebaiknya juga dilakukan karena buah melon memiliki ukuran yang besar dan bukan merupakan buah yang habis dalam sekali makan.

Jika tidak segera diolah, sebaiknya melon disimpan dalam lemari pendingin. Penyimpanan ini bisa dilakukan dengan menyimpan melon utuh atau sudah mengupasnya terlebih dahulu.

Jika sudah dikupas, sebaiknya melon juga sudah dicuci dan ditiriskan. Melon sebaiknya disimpan dalam keadaan sudah dipotong sehingga ketika hendak digunakan tinggal diambil dan dikeluarkan dari kulkas tersebut.

Baca Juga:  Resep Sederhana dan Alami Atasi Lemah Jantung

Penyimpanan melon walaupun sudah dilakukan di dalam lemari pendingin sebaiknya tetap diletakkan di dalam wadah. Wadah ini harus dipastikan dalam kondisi kering dan kedap udara. Anda dapat menggunakan wadah plastik untuk menyimpan makanan pada umumnya.

 

Loading...
Loading...