Memilih Sistem Pemeliharaan Sapi Liomusin

Pertanianku – Tempat usaha harus dirancang dengan baik. Rancangan harus disesuaikan dengan kondisi lokasi dan kebutuhan jenis usaha. Misalnya, kebutuhan kandang dan sistem jenis usaha pembibitan dan pembesaran sapi akan berbeda. Tempat usaha yang baik teratur dan nyaman tentu akan membuat perkembangan dan pertumbuhann sapi lebih cepat sehingga tempat usaha yang ideal akan memberikan hasil yang baik juga.

Keistimewaan Sapi Limousin

Sebaliknya, tempat yang tidak sesuai menyebabkan sapi tersiksa dan tidak nyaman. Oleh karena itu, merancang tempat usaha harus mampu untuk menghindari dan meminimalkan hal-hal berikut.

Loading...
  • Sapi stres karena dapat menyebabkan turunnya nafsu makan dan akan mengganggu produktivitas sapi.
  • Gangguan kesehatan sapi. Tempat usaha harus mampu untuk meminimalisir munculnya penyakit karena sapi dapat terserang penyakit.
  • Sumber penyakit. Hindarkan keberadaan kotoran sapi. Kotoran sapi yang tidak segera ditangani dapat menjadi sumber penyakit.
  • Sirkulasi udara buruk. Dalam sistem kandang, desain yang tidak baik dapat menyebabkan kekurangan suplai oksigen sehingga mengganggu proses metabolisme sapi.

Selain memperhatikan kepentingan tersebut, merancang tempat usaha juga sebaiknya berdasarkan beberapa pertimbangan sebagai berikut.

  • Target produksi. Target produksi dapat berpengaruh pada perancangan tempat usaha. Jenis target produksi dan besaran target produksi yang berbeda tentu akan membutuhkan tempat usaha yang berbeda.
  • Keberadaan lokasi. Lokasi usaha yang berupa lahan luas dengan lokasi di daerah yang dekat dengan permukiman akan menuntut rancangan yang berbeda.
  • Sistem usaha. Untuk ternak pola ekstensif, semiintensif, dan intensif membutuhkan rancangan yang berbeda, seperti sistem kandang dengan sistem gembalaan tentu berbeda dalam merancang usahanya.
  • Kemampuan finansial. Peternak yang mempunyai modal besar tentu akan leluasa memilih bentuk dan konstruksi tempat usaha.
  • Kemampuan sumber daya manusia. Pengusaha yang mampu mendatangkan sumber daya manusia yang berkualitas lebih dapat menerapkan pola usaha yang baik dan modern sehingga diharapkan akan memberikan hasil yang lebih baik.
Baca Juga:  Cara Mencegah Ayam Ngorok

 

Sumber: Buku Beternak Sapi Limousin

 

Loading...
Loading...