Memilih Tempat Minum Untuk Kelinci

Pertanianku – Tempat minum untuk kelinci sebaiknya berupa tempat yang rata, lebar, dan dapat memuat air minum dalam jumlah banyak agar berat dan tidak mudah tumpah. Dewasa ini, telah berkembang model tempat minum kelinci yang otomatis. Kebutuhan air minum kelinci diatur oleh pelampung atau klep yang membatasi keluarnya air jika tempat minum sudah penuh. Penempatan air minum berada di luar kandang. Dinding kandang diberi lubang agar kelinci dapat menjangkau tempat minum.

Tempat minum Kelinci

Jenis tempat minum lainnya adalah drinking bottle. Botol ditempatkan di luar kandang dengan pipa menjulur ke dalam. Agar air minum bisa keluar, kelinci harus menjilatinya. Sebaiknya, tempat minum ini ditempatkan pada ketinggian sekitar 20 cm agar anak kelinci maupun kelinci dewasa dapat menjangkaunya.

Sama seperti tempat pakan, tempat minum yang ditempatkan di dalam kandang sebaiknya dipilih dari bahan kaca, porselen, logam plastik, atau keramik yang berbentuk seperti mangkuk. Wadah berbentuk mangkuk bertujuan agar kelinci mudah untuk menjangkau pakan tersebut karena sesuai dengan bentuk mulutnya dan mudah dibersihkan.

Sementara jika tempat minum ditempatkan di luar kandang, sebaiknya dipilih yang berbentuk hopper atau botol. Usahakan wadah tersebut tidak mudah jatuh dan mudah dibersihkan.

 

Sumber: Buku Kelinci Potong

 

Baca Juga:  Kenal Lebih Jauh dengan Cucakrawa Asal Medan

loading...