Memilih Tempat Pakan dan Minum Ayam Elba


Pertanianku – Untuk efisiensi pakan, setiap kandang harus dilengkapi dengan tempat pakan dan minum. Pada tingkat awal, setiap anak ayam memerlukan ruang pakan sekitar 5 cm. Kebutuhan ruang pakan ini akan meningkat sejalan dengan laju pertumbuhannya. Untuk DOC berumur 7—8 hari, berikan 2—4 tempat pakan berukuran 120 cm untuk 100 ekor. Setelah lewat dari 7—8 hari, tambahkan tempat pakan menjadi sebanyak 4—6 tempat pakan berukuran 120 cm.

Mengenal Lebih Jauh Ayam Elba

Ketinggian tempat pakan di dalam kandang dinaikkan dandisesuaikan dengan pertumbuhan anak ayam. Bibir tempat pakan harus senantiasa sama tinggi dengan punggung anak ayam. Untuk 100 ekor anak ayam yang dipelihara, sediakan paling sedikit 4 tempat air berukuran 1 l atau 2 tempat berukuran 1 gallon (4 l). Masukkan sekitar lima ekor anak ayam ke tempat air agar keberadaannya dapat diketahui.

Periksa tempat pakan dan air setiap hari. Jika kotor maka harus segera dibersihkan. Pakan dan minuman juga harus diganti dengan yang baru. Tempat pakan harus benar-benar bersih dan kering. Sebelum diisi, kondisi pakan yang diberikan harus selalu dalam keadaan kering. Hal itu karena penyebab utama penyakit bersumber dari pakan dan air yang tidak bersih.

Wadah air minum dan pakan sebaiknya dikaitkan pada ram kawat dengan ketinggian 5—10 cm dari lantai kandang atau pada ketinggian yang masih dapat dijangkau paruh ayam. Tujuannya untuk menghindari pakan tumpah dan terinjak-injak oleh kaki ayam.

 

Sumber: Buku Ayam Elba Kampung Petelur

 

 

Baca Juga:  Ayam Terkontaminasi, Diam-diam Jadi Pembunuh