Meminimalisir Telur Ayam Pecah Saat Proses Produksi

Pertanianku — Ada dua tujuan dari peternakan ayam, yaitu daging dan telur. Ada sebagian peternakan yang fokus untuk memproduksi salah satunya. Namun, ada pula yang mencoba untuk menghasilkan keduanya. Setiap segmentasi usaha tersebut memiliki kendala dan kelebihannya masing-masing. Salah satu kendala yang kerap dialami para peternak telur ayam adalah telur ayam pecah pada saat proses produksi.

telur ayam pecah
foto: unsplash

Fenomena telur ayam pecah sering dialami oleh para peternak dan membuat para peternak merugi. Oleh karena itu, Anda yang ingin beternak atau yang kerap mengalami permasalahan tersebut, harus mengetahui solusi tepat untuk mengatasi telur ayam pecah.

Pasalnya, solusi masalah ini hanya satu, yakni sediakan sarana pendukung di kandang yang dapat menunjang keselamatan telur yang sudah dihasilkan. Berikut ini sarana kandang yang harus Anda siapkan.

Loading...

Tempat bertelur

Anda harus menyiapkan tempat bertelur yang nyaman dalam keadaan baik. Tempat bertelur yang baik memiliki permukaan rata, tidak ada lubang, dan bersih dari berbagai kontaminasi. Jika tempat bertelur sudah memiliki lobang dan tidak rata serta terdapat beberapa kotoran, sebaiknya perbaiki tempat bertelur tersebut agar telur yang dihasilkan berkualitas dan tidak mudah pecah.

Penyimpanan egg tray

Egg tray harus diletakkan di tempat yang bersih. Egg tray yang akan digunakan harus dicuci hingga bersih dari debu. Selanjutnya, jemur egg tray hingga kering agar bisa digunakan untuk menampung telur hasil panen.

Pencucian kerudung telur dan lap sanitasi tangan

Pencucian kerudung telur harus dilakukan setiap hari setelah proses pengambilan telur berakhir. Setelah itu, jemur kerudung telur atau diangin-anginkan. Sebaiknya, sediakan kerudung telur cadangan agar bisa digunakan pada saat kerudung telur yang lain masih basah. Begitu pun dengan lap sanitasi tangan.

Baca Juga:  Cara Membedakan Kelamin Jantan dan Betina pada DOC

Pengambilan telur

Pengambilan telur harus dilakukan secara rutin dan secepat mungkin agar tidak menumpuk sehingga banyak telur yang mengalami benturan dan menyebabkan kulit telur retak.

Tumpukan telur

Egg tray hasil panen telur hanya bisa ditumpuk sebanyak 6 tumpuk. Hal ini bertujuan meminimalisir risiko telur retak dan pecah. Pada lapisan bawah, berikan dua lapisan egg tray agar saat diangkat lebih kuat.

 

Loading...
Loading...