Mempelajari Budidaya Melon Cantaloupe

Pertanianku – Budidaya melon cantaloupe bisa menjadi salah satu reverensi yang Anda yang hobi menanam tanaman buah di rumah. buah ini menawarkan rasa unik dibandingkan dengan sepupu mereka yaitu melon hijau. Kunci penanaman melon kuning adalah banyaknya kelembapan, suhu panas dan sinar matahari yang cukup.

Mempelajari Budidaya Melon Cantaloupe

Jika umumnya melon di pasaran memiliki tampilan kulit berjaring dengan daging buah warna putih, berwarna kekuning-kuningan namun dagingnya berwarna putih kehijau-hijauan, kemudian ada melon yang kulitnya cenderung berwarna coklat muda dengan warna buah kuning di dalam, kini mulai banyak dijumpai varietas melon baru dengan kelebihan tersendiri, salah satunya adalah melon yang daging buahnya berwarna jingga. Melon jingga ini sering disebut melon cantaloupe.

Budidaya melon cantaloupe memerlukan dua sampai tiga bulan suhu yang panas. Dengan menggunakan penutup tanah hitam untuk menghangatkan tanah dan barisan tanam yang berfungsi menjebak udara hangat di dekat tanaman, kunci petani melon membudidayakan melon. Buah melon kuning atau yang bernama lain cantaloupe ini mengandung banyak vitamin C dan antioksidan yang baik bagi kesehatan. Berikut beberapa langkah berikut untuk menanam melon cantaloupe.

Melon berkembang baik di tanah yang hangat. Namun, jangan menanam di area yang terlalu kering. Sebelum penanaman, tutupi tanah dengan mulsa hitam untuk mempercepat pemanasan tanah. Karena melon adalah tanaman yang sedikit rumit penanamannya, persiapkan area tanam dengan baik. Tanam di tanah dengan kedalaman 3 sampai 6 inci dengan kombinasi kompos, pupuk kandang atau limbah daun. Kemudian berikan bahan – bahan tersebut saat penanaman melon.

Hal ini akan menciptakan tempat tanam dengan basis tanah tinggi nitrogen yang secara alami hangat karena menghasilkan sedikit panas sebagai efek dari kompos pupuk kandang. Melon perlu ruang untuk tumbuh. Tanam dengan jarak 30–40 inci terpisah. Tanaman melon terdiri dari bunga jantan dan betina. Bunga jantan yang mengembang pertama kali, bergabung dengan bunga betina sekitar satu minggu kemudian.

Baca Juga:  Manfaat Tanaman Penutup Tanah Bagi Tanaman Durian

Bunga betina berciri fisik memiliki pembengkakan kecil di dasar bunga. Ketika tanaman merambat mulai menampakkan bunga jantan dan betina, potong area yang sering di datangi lebah. Atasi gulma sebelum tanaman mulai merambat, karena nantinya akan mustahil untuk berjalan di antara tanaman merambat tanpa menghancurkan mereka. Beri mulsa tanah di bawah tanaman merambat untuk menekan gulma dan memperlambat penguapan air dari tanah. Air adalah faktor yang paling penting, dalam budidaya melon cantaloupe yang sangat membutuhkan pasokan air. Tanaman merambat paling sensitif terhadap kekeringan selama waktu antara tanam dan ketika buah mulai terbentuk. Jaga tanah secara konsisten lembab tapi tidak tergenang air yang akan membunuh tanaman.