Mempelajari Budidaya Tanaman Apel


Pertanianku – Bibit okulasi dalam polibag atau cabutan (stump) ditanam dengan jarak tanam 2 m x 3 m atau 3 m x 3 m. Ukuran lubang tanam 60 cm x 60 cm x 40 cm. Bibit diberi pupuk kandang yang telah matang sebanyak 40 kg/lubang. Pupuk buatan 50—1.000 g NPK/ tanaman diberikan 2—3 kali setahun, terutama menjelang berbunga dan sehabis panen.

apel 3Pekerjaan yang sangat penting adalah pelengkungan cabang. Cabangcabang yang ujungnya telah beruas rapat segera dilengkungkan mendatar (horizontal) dan ujungnya dipotong. Setiap tanaman yang akan dibungakan (dibuahkan) maka seluruh daun pada cabang yang dilengkungkan tersebut dirompes lalu tanaman diberi air secukupnya (bila musim kemarau) dan pupuk NPK.

Pelengkungan cabang yang beruas rapat (cabang dorman) harus diusahakan permanen, yakni dengan tali yang tahan lama (ijuk, tali plastik). Pada cabang yang telah dirompes akan tumbuh tunas-tunas tumpul yang kemudian muncul bunga. Tunas-tunas yang runcing hanya akan menjadi tunas daun (vegetatif ).

Pemeliharaan yang penting dilakukan adalah membuang tunas liar atau tunas air yang sering tumbuh pada cabang atau batang bawah. Gulma, terutama alang-alang yang tumbuh di kebun apel harus segera dibersihkan. Jika ada lumut (Lichenes) yang tumbuh pada batang harus dibersihkan. Daundaun yang menutup buah harus dirompes karena buah yang tidak terkena sinar matahari warnanya tidak akan merata (hijau merah atau hijau kuning).

Sumber:  Buku Berkebun 26 Jenis Tanaman Buah

 

Baca Juga:  Ekspor Komoditas Pertanian Tembus Rp1.062 Triliun