Mempelajari Sifat Botani Nanas


Pertanianku – Tanaman nanas merupakan rumput yang batangnya pendek. Nanas merupakan tanaman monokotil dan bersifat merumpun (bertunas anakan).

nanas-2-587x420

  1. Daun dan cabang

Daun nanas panjang, berurat sejajar, dan pada tepinya tumbuh duri yang menghadap ke atas (ke arah ujung daun). Pada beberapa varietas nanas, durinya mulai lenyap, tetapi duri pada ujung daunnya sering masih terlihat. Daun muncul dan terkumpul pada pangkal batang. Pada batang tumbuh tangkai bunga dan sering pula tumbuh tunas. Tunas pada batang disebut sucker, sedangkan tunas pada tangkai buah disebut slips.

  1. Bunga

Tanaman nanas berbunga pada ujung batang dan hanya sekali berbunga yang arahnya tegak ke atas. Sebenarnya, bunga nanas bersifat majemuk dan terdiri dari lebih 200 kuntum bunga yang tidak bertangkai. Letak bunga duduk tegak lurus pada tangkai buah utama kemudian mengembang menjadi buah majemuk yang enak dimakan.

Daun kelopak dari setiap kuntum bunga, yang dikenal sebagai mata, masih jelas meninggalkan bekas pada buah tersebut. Bunganya termasuk bunga sempurna yang mempunyai tiga kelopak (sepalum), tiga mahkota (petalum), enam benang sari, dan sebuah putik dengan stigma bercabang tiga.

Tanaman nanas menyerbuk silang dengan perantaraan burung kicau atau penyanyi (burung prenjak) dan lebah. Tanaman nanas sebenarnya tidak bersifat musiman, tetapi dapat berbunga setiap saat. Namun, ada kecenderungan suhu yang dingin, terutama suhu malam dengan sinar matahari rendah, dapat memacu pembungaan tanaman nanas.

  1. Buah

Buah nanas merupakan buah majemuk yang disebut sinkarpik atau coenocarpium. Di atas buah tumbuh daun-daun pendek yang tersusun seperti pilin yang disebut mahkota (crown).

  1. Akar

Tanaman hanya berakar serabut dan mengandung cukup banyak air. Akar nanas dangkal dan tersebar luas.

Baca Juga:  Ingin Bertanam Jeruk di Pekarangan, Pilih Jenis Ini Ya!

Sumber:  Buku Berkebun 26 Jenis Tanaman Buah