Memperbanyak dan Membudidayakan Tanaman Pisang

Pertanianku – Tanaman pisang diperbanyak dengan anakan atau belahan bonggol (bit) yang bermata. Namun, pada saat ini tanaman diperbanyak dengan kultur jaringan. Mata tunas (bit) disemaikan dahulu selama tiga bulan. Setelah itu, mata tunas yang telah berdaun 3—4 helai dapat ditanam.

Memperbanyak dan Membudidayakan Tanaman PisangPisang ditanam dengan bibit anakan yang telah berdaun 2—3 helai atau hasil kultur jaringan yang telah berdaun lebih dari tiga helai. Bibit ditanam dalam lubang berukuran 60 cm x 60 cm x 50 cm. Setiap lubang diberi pupuk kandang sebanyak 20 kg/lubang. Pupuk buatan yang diberikan berupa 125 g urea + 100 g SP-36 + 150 g KCl/tanaman. Jarak tanam 2—3 m, tergantung varietasnya. Biasanya pupuk buatan diberikan satu bulan setelah tanam dan diulang setiap empat bulan.

Pemeliharaan yang penting dilakukan adalah membersihkan gulma, terutama alang-alang. Pemeliharaan lain, yaitu hanya membiarkan 1—2 anakan/rumpun dan rumpun selebihnya dibuang.

Loading...

Penanaman penutup tanah seperti Centrosema pubescens di bawah tanaman lebih dianjurkan. Tanaman mulai berbuah pada umur 1—1,5 tahun setelah tanam. Di bawah tanaman pisang dapat ditanami sayuran atau sejenisnya selama masih dapat memperoleh sinar matahari, biasanya hanya tahun pertama.

Sumber: Buku Berkebun 26 Jenis Tanaman Buah

Baca Juga:  Buah Tin Ungu, Pohon Buah Cantik nan Mahal Bisa Ditanam di Pekarangan Rumah
Loading...
Loading...