Memperhatikan Ukuran Kandang Murai


Pertanianku – Memperhitungkan ukuran kandang ideal yang akan dibuat untuk murai adalah sangat bijaksana karena nilai jual anak-anaknya yang diharapkan tidak lagi berharga murah. Jadi, biaya pembuatan kandangnya jangan terlalu diperhitungkan modalnya. Hal yang harus dipikirkankan adalah membuat pasangan unggul tetap sehat dan menghasilkan turunan sebanyak mungkin dengan pasangannya atau kondisinya tetap terjaga dan terkendali.

Bagian Atas dan Depan Kandang Murai Dibuat Terbuka

Sebenarnya untuk penangkaran murai sudah ada yang menggunakan kandang berukuran kecil, 60 cm x 60 cm x 60 cm ( p x l x t ) dan sangkar soliter gantung. Dengan ukuran kandang tersebut dan berbentuk sangkar gantung, murai bisa menghasilkan anakan. Namun, murai yang ditangkarkan merupakan hasil breeding yang sudah cukup jinak. Oleh karena itu, ukuran kandang yang besar menjadi pilihan dan sangat ideal untuk penangkaran murai.

Ukuran kandangnya 1 m x 2 m x 2 m ( p x l x t) sudah cukup memadai. Jika memungkinkan, ukuran kandang bisa dibuat lebih lebar lagi, yaitu 2 m x 2 m x 3 m. Semakin besar ukuran kandang, semakin baik untuk penangkaran, terutama untuk murai unggulan kontes dan pernah juara. Ada beberapa hal yang mendasari pertimbangan pembuatan kandang berukuran besar.

 

Sumber: Buku Sukses Beternak Murai Batu

Baca Juga:  Kandungan Gizi pada Daging Bebek Ini Bikin Takjub