Memperingati Hari Hutan Internasional, KLKH Bagikan 1.000 Bibit Tanaman

0

Pertanianku – Guna memperingati Hari Hutan Internasional yang akan jatuh pada 21 Maret mendatang, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan membagikan 1.000 bibit tanaman. Bibit tersebut berupa tanaman kayu yang akan diberikan kepada peserta fun run di car free day Jakarta.

“Namun masyarakat yang tidak menjadi peserta lari juga bisa mendapatkan bibit jika menginginkannya,” kata Kepala Biro Humas KLHK Djati Witjaksono belum lama ini.

Kepala Biro Kerjasama Luar Negeri Sri Murniningtyas mengatakan bahwa, hari hutan internasional tersebut pertama kali dicetuskan pada 2011 oleh forum hutan di bawah PBB. Tujuannya, menggabungkan pentingnya hutan bagi air, makanan, dan energi.

Hingga 2013 belum ada negara yang melakukan gerakan atau perayaan Hari Hutan Internasional. Namun, kenaikan signifikan terjadi pada tahun lalu dengan sekitar 60 negara yang berkecimpung mengampanyekan peran hutan pada Hari Hutan Internasional. “Naiknya signifikan,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, pada Hari Hutan Internasional 2015, hanya 26 negara yang turut aktif, sedangkan pada 2014 hanya 12 negara termasuk Indonesia. Ia berharap tahun ini akan lebih banyak negara yang menggaungkan Hari Hutan tersebut dan mengikutsertakan anak-anak hingga remaja. Dengan pelibatan itu, akan menumbuhkan sikap peduli penjaga lingkungan.

loading...
loading...