Memperkirakan Umur Domba dari Susunan Gigi


Pertanianku – Apabila peternak tidak mempunyai catatan tanggal lahir, umur domba dapat diketahui dengan melihat gigi susunya. Gigi susu atau gigi sulung adalah gigi yang tumbuh terdahulu dan akan mengalami pergantian dengan gigi tetap. Gigi tetap ini tidak akan mengalami pergantian di sepanjang hidup domba, tetapi gigi itu semakin lama akan semakin aus. Oleh karena pertumbuhan dan pergantian gigi domba ini waktunya teratur, hal itu dapat digunakan untuk memperkirakan umurnya. Semenjak lahir, gigi susu pada domba sudah tumbuh.

Tujuan Penggemukan Domba

Kemudian, pada umur tertentu gigi tersebut akan lepas dan berganti dengan gigi tetap, sepasang demi sepasang. Menurut pertumbuhannya, gigi domba dapat dibedakan menjadi tiga fase, yaitu sebagai berikut.

  1.  Fase gigi susu, berjumlah empat pasang. Gigi susu ini ada sejak lahir sampai gigi itu berganti dengan gigi baru (tetap).
  2. Fase pergantian gigi, berlangsung dari awal pergantian sampai selesai.
  3. Fase keausan atau pecah, gigi tidak berganti lagi, sedikit demi sedikit gigi menjadi semakin aus atau pecah.

Pada awalnya, gigi yang lepas ialah dua gigi dalam (Gd), kemudian disusul gigi tengah dalam (Gtd), selanjutnya gigi tengah luar (Gtl), dan yang terakhir gigi luar (Gl). Untuk memperjelas posisi atau letak masingmasing pasangan Gd, Gtd, Gtl, dan Gl, perhatikanlah diagram atau gambar pergantian gigi.

 

Sumber: Buku Beternak Domba