Memperoleh Bakalan Sapi


Pertanianku – Bakalan merupakan faktor utama untuk usaha penggemukan sapi. Bakalan tersebut dapat diperoleh dengan mencari ke peternak sapi, pedagang sapi, pasar ternak hewan, atau melalui informasi lainnya. Bila Anda hanya membutuhkan bakalan kurang dari sepuluh ekor, mungkin tidak akan kesulitan untuk mendapatkannya. Namun, bila bakalan yang Anda butuhkan puluhan ekor, Anda akan merasakan kesulitan.

Untuk mendapatkan bakalan secara kontinu dan dalam jumlah yangcukup banyak, Anda harus memiliki jaringan yang luas dan beberapa orang kepercayaan (peternak atau pedagang sapi) di beberapa daerah. Selain itu, pengadaan bakalan juga harus dilakukan secara bertahap. Bakalan tidak bisa langsung didapat dalam banyak sehingga dalam pelaksanaan usaha penggemukannya pun, tersegmen sesuai dengan jumlah bakalan yang diperoleh.

Adapun untuk mencari bakalan, Anda harus mengetahui hal-halsebagai berikut.

  1. a) Mengetahui daerah yang berpotensi dalam pengembangan ternak sapi, baik sapi perah, sapi pedaging, atau sapi pekerja.
  2. b) Menjalin jaringan dengan peternak dan pedagang sapi atau instansi yang menangani peternakan.
  3. c) Memilih bakalan dari penjual/pedagang yang memberi jaminan. Misalnya, bila selama satu minggu setelah dibeli bakalan sakit, bakalan tersebut dapat ditukar atau dijamin kesehatannya.
  4. d) Menjalin komunikasi melalui teknologi informasi seperti internet atau telpon.

 

Sumber: Buku Penggemukan Sapi Potong Hari per Hari

Baca Juga:  Kenapa Sapi Brahman Harus Diperlakukan Khusus?
loading...
loading...