Memperoleh Bibit Cacing Tanah


Pertanianku – Cacing tanah yang digunakan untuk mempercepat proses pengomposan, sebaiknya cepat berkembang biak, memiliki kemampuan bertahan hidup dalam limbah organik, dan tidak liar. Dari beberapa persyaratan tersebut, jenis cacing yang cocok adalah jenis Lumbricus rubellus, Eisenia foetida, dan Pheretima asiatica. Dari ketiga jenis cacing tersebut, jenis Lumbricus rubellus sudah banyak diternakkan di Indonesia. Sementara itu, dua jenis terakhir masih perlu diimpor.

bibit cacing tanah

Dalam pembuatan kascing, penyediaan bibit cacing merupakan hal yang utama. Bibit cacing ini bisa diperoleh dari peternak cacing. Di kalangan peternak, bibit cacing dijual dalam bentuk kiloan. Ada keuntungan yang bisa diperoleh jika bibit cacing diperoleh dari peternak cacing. Dengan membeli di peternak, cacing yang diperoleh terjamin dalam segala hal, seperti kejelasan jenis, umur, dan bobotnya. Selain itu juga, bibit yang diperoleh dari peternak juga relatif lebih seragam.

Dalam membeli cacing, perlu disediakan wadah untuk membawanya. Wadah ini dapat berupa wadah plastik yang biasanya juga digunakan untuk budi daya cacing. Wadah ini kemudian diisi media (biasanya dari peternak), lalu diisi cacing yang telah ditimbang. Untuk mengurangi sinar matahari, wadah ditutup dengan potongan batang pisang.

Sumber: Buku membuat pupuk secara kilat

Baca Juga:  Tertarik untuk Ternak Ayam Kampung? Ikuti Langkah Mudah Ini!
loading...
loading...