Mempersiapan Pakan Sapi Limousin


Pertanianku – Pakan sangat dibutuhkan pada usaha peternakan sapi. Pakan merupakan kebutuhan utama dalam kehidupan dan pertumbuhan. Kebutuhan ternak terhadap pakan dicerminkan oleh kebutuhannya terhadap nutrisi. Jumlah kebutuhan nutrisi setiap harinya sangat bergantung jenis ternak, umur, fase (pertumbuhan, dewasa, bunting, menyusui), kondisi tubuh (normal,sakit), dan lingkungan tempat hidupnya (temperatur, kelembapan nisbi udara) serta bobot badannya. Oleh karena itu, setiap ekor ternak yang berbeda kondisinya membutuhkan pakan yang berbeda pula sehingga ada penghitungan khusus mengenai standardisasi kebutuhan ternak terhadap pakan dinyatakan dengan angka kebutuhan nutrisi ternak ruminansia.

Penyebaran Sapi Limousin

Rekomendasi tersebut dapat digunakan sebagai patokan untuk menentukan kebutuhan nutrisi ternak ruminansia yang akan dipenuhi oleh bahan-bahan pakan yang sesuai/bahan-bahan pakan yang mudah diperoleh di lokasi peternakan.

Ternak ruminansia yang normal (tidak dalam keadaan sakit/sedang berproduksi) mengonsumsi pakan dalam jumlah yang terbatas sesuai dengan kebutuhannya untuk mencukupi hidup pokok. Sejalan denganpertumbuhan, perkembangan kondisi, serta tingkat produksi yang dihasilkannya, konsumsi pak annya pun akan meningkat pula. Tinggi rendah konsumsi pakan pada ternak ruminansia sangat dipengaruhi oleh faktor eksternal (lingkungan) dan faktor internal (kondisi ternak itu sendiri).

Konsentrasi nutrisi yang sangat berpengaruh terhadap konsumsi pakan adalah konsentrasi energi yang terkandung di dalam pakan. Konsentrasi energi pakan ini berbanding terbalik dengan tingkat konsumsinya. Semakin tinggi konsentrasi energi di dalam pakan, jumlah konsumsinya akan menurun. Sebaliknya, konsumsi pakan akan meningkat jika konsentrasi energi yang dikandung pakan rendah.

Ternak ruminansia lebih menyukai pakan bentuk butiran (hijauan yang dibuat pelet atau dipotong) daripada hijauan yang diberikan seutuhnya. Hal ini berkaitan erat dengan ukuran partikel yang lebih mudah dikonsumsi dan dicerna. Oleh karena itu, rumput yang diberikan sebaiknya dipotong-potong menjadi partikel yang lebih kecil dengan ukuran 3—5 cm.

Baca Juga:  Lebih Sehat Daging Kambing atau Daging Domba? Ini Jawabannya!

Setiap bahan pakan atau pakan ternak, baik yang sengaja diberikan kepada ternak maupun yang diperolehnya sendiri, mengandung unsurunsurnutrisi yang konsentrasinya sangat bervariasi, tergantung jenis dan  keadaan bahan pakan tersebut yang secara kompak akan mempengaruhi tekstur dan strukturnya. Unsur nutrisi yang terkandung di dalam bahan pakan secara umum terdiri atas air, mineral, protein, lemak, karbohidrat, dan vitamin. Setelah dikonsumsi oleh ternak, setiap unsur nutrisi berperan sesuai dengan fungsinya terhadap tubuh ternak untuk mempertahankan hidup dan berproduksi secara normal.

 

Sumber: Buku Beternak Sapi Limousin

loading...
loading...