Mempersiapkan Kenari Untuk Kontes


Pertanianku – Agar kondisi kenari siap kontes maka kondisi kesehatannya harus senantiasa dijaga. Begitu pula dengan suara kicauannya supaya dapat ditampilkan semaksimal mungkin di arena kontes.

Sebab-sebab kenari kurang terampil

  1. Kondisi kesehatan selalu dijaga

Penampilan dan kondisi kesehatan kenari harus tetap dijaga, antara lain dengan menjaga kualitas pakan dan air minumnya. Supaya tetap rajin berkicau, badan kenari sebaiknya tidak kegemukan sehingga pakannya harus dibatasi. Setelah memasuki satu minggu menjelang diadakannya kontes, porsi pakan biji-bijian (terutama biji lobak) harus dibatasi. Sebaliknya, porsi sayuran dan buah lebih diperbanyak agar kondisi kenari tetap sehat dan suaranya lebih jernih.

Upaya lain yang dapat dilakukan, kenari diberi vitamin setiap hari minimal selama 10 hari sebelum kontes. Setelah 2 atau 3 hari sebelum hari “H”, pemberian vitamin dihentikan, kemudian kenari diberi obat antistres untuk mencegah pengaruh stres saat burung dibawa dalam perjalanan jauh menuju arena kontes.

  1. Kicauan dibatasi

Menjelang kontes, kicauan kenari perlu dibatasi untuk memaksimalkan tenaganya saat dikonteskan. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan menutupnya terus-menerus selama 3—4 hari menjelang hari “H”. Kerudung hanya dibuka pada saat kenari akan dijemur di pagi hari selama 15—20 menit. Kerudung hanya dibuka sebagian agar burung yang bersangkutan tidak berkicau lantang. Setelah pembuangan kulit-kulit bijian, pemberian pakan hijauan maupun buah, dan penggantian minum yang diberi obat antistres, kerudung ditutup kembali.

Selanjutnya, sangkar diletakkan di tempat sejuk bersama-sama burung-burung kecil jenis lain pemaster suaranya. Sore hari, burung tersebut dimandikan sepuasnya kemudian kotorannya dibersihkan, pakan maupun minumnya diganti.

Setelah itu, kenari diletakkan di tempat terbuka hingga bulunya tampak mengering, barulah sangkar ditutup kembali. Kenari dimandikan pada saat menjelang sore, biasanya tidak akan  berkicau lantang jika tidak melihat kenari lain. Ini hanya bisa dilakukan jika cuaca cerah. Kalau tidak ada panas, sebaiknya kenari tidak dimandikan. Bila perlu, pada saat persiapan, kenari hanya dimandikan satu hari menjelang hari “H” untuk merangsang suaranya agar lebih “ngotot” saat dikonteskan.

 

Sumber: Buku Kenari

 

loading...
loading...