Memproduksi Benih Lobster Berkualitas Tidak mudah

Pertanianku — Usaha benih lobster sudah banyak dilakukan oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan keuntungan yang didapatkan masih sangat menjanjikan dengan investasi yang masih terjangkau. Pembenihan lobster air tawar memang bisa dibudidayakan pada skala rumahan, tapi sayangnya hasil yang didapatkan kurang berkualitas dan cenderung tidak memiliki nilai jual.

benih lobster
Foto; Pertanianku

Pada 2003—2005 merupakan zaman kejayaan bagi para pengusaha benih lobster. Namun, seiring bertambahnya jumlah pembenih membuat komoditas ini kian menurun dan diiringi permintaan terhadap benih juga menurun. Hingga pada akhir 2006 masa kejayaan benih lobster sudah tidak ada. Saat itu banyak benih lobster yang bertebaran di pasaran namun dengan kualitas rendah sehingga permintaan terus menurun.

Tak jarang banyak pengusaha benih lobster yang tidak dapat menjual produknya. Begitupun dengan penampung yang biasanya menampung benih juga tidak membuka kesempatan untuk komoditas ini dikarenakan tidak adanya permintaan. Dan pihak yang paling pahit menerima kenyataan tersebut adalah para pembudidaya skala rumahan yang mengalami kerugian.

Loading...

Sementara, bagi pembudidaya dengan skala besar masih bisa membesarkan benih tersebut hingga menjadi lobster siap konsumsi. Masih ada sebagian pengusaha pembenihan lobster yang bertahan. Hal ini dikarenakan benih yang dihasilkan memiliki nilai kualitas yang baik dan dapat diterima oleh pasar.

Benih berkualitas merupakan benih yang mampu tumbuh dengan cepat dalam kurun waktu yang singkat, ditambah lagi benih tersebut memiliki daya tahan yang baik sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Memproduksi benih lobster yang berkualitas terbilang cukup sulit, dibutuhkan pengetahuan yang memadai tentang faktor genetik, nutrisi, teknik budidaya, manajemen, dan beberapa aspek lain yang memengaruhi proses pembenihan.

Dalam penjualan benih, informasi yang harus diberikan pada pembeli bukan saja mengenai bobot dan ukuran panjang benih, melainkan informasi mengenai indukannya, bahkan hingga umur benih juga harus diberikan dengan tepat. Pasalnya, hal tersebut juga akan memengaruhi proses pertumbuhan lobster.

Baca Juga:  Cara Panen Benih Ikan Lele yang Benar

Benih yang dijual pun harus memiliki ukuran yang seragam dari panjang hingga bobot. Panjang benih yang biasa dijual adalah 2 inci, sedangkan umur ideal untuk benih yang dijual maksimal 2,5 bulan. Lewat dari umur tersebut, benih sudah tidak bisa dijual.

Loading...
Loading...