Menakjubkan, Ikan Napoleon di Perairan Natuna Dibanderol Rp1 Juta/Kg!


Pertanianku – Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Sjarief Widjaja, mengatakan bahwa potensi alam di perairan Natuna sangat besar. Untuk perikanan budi daya misalnya, ada ikan spesial yakni napoleon. Ikan tersebut, kata Sjarief, saat ini harganya cukup fantastis, yakni Rp1 juta/kg.

Menakjubkan, Ikan Napoleon di Perairan Natuna Dibanderol Rp1 Juta/Kg!

“Di perairan Natuna itu ada ikan napoleon yang harganya sangat tinggi, bisa mencapai Rp1juta/kgnya,” ucap Sjarief seperti dikutip Jitunews (15/7).

Sjarief menjelaskan, napoleon merupakan jenis ikan yang dilindungi, tetapi boleh untuk ditangkap dalam jumlah tertentu. Pasalnya, napoleon termasuk jenis ikan yang tak bisa dibudidayakan.

“Ikan ini kita langsung tangkap dari alamnya, dan tidak bisa dibudidayakan,” tutur Sjarief. Selain ikan napoleon, ada juga ikan kerapu yang saat ini harganya mencapai Rp135.000/kg.

“Kalau ikan kerapu ini bisa kita budidayakan. Dan, pangsa pasar dari ikan napoleon dan ikan kerapu ini adalah Hongkong dan Taiwan,” jelas Sjarief.

Sjarief mengungkapkan bahwa selain memiliki potensi ikan, perairan Natuna juga memiliki potensi rumput laut yang cukup besar. Potensi rumput laut di perairan ini setiap tahunnya mencapai 120 ton.

“Rumput laut ini juga bisa kita kembangkan di sana, karena di sana memiliki banyak pulau-pulau kecil dan memiliki pesisir yang panjang dan di situ bisa kita kembangkan rumput laut semuanya,” ptutup Sjarief.

Baca Juga:  Mendag Kritik Masyarakat Indonesia yang Konsumsi Ikan Olahan Impor
loading...
loading...