Menakjubkan! Khasiat Buah Dewa Ndaru untuk Kesehatan


PertaniankuBuah dewa ndaru atau yang biasa lebih dikenal dengan Cermai Londo ini berbentuk kecil namun memiliki khasiat yang besar. Buah ini sangat ampuh untuk mencegah kerusakan oksidatif yang diakibatkan oleh radikal bebas yang tidak mampu diatasi oleh anti-oksidan dalam tubuh.

Buah dewa ndaru
Foto: Google Image

Radikal bebas adalah senyawa elektron yang tidak memiliki pasangan pada orbital terluarnya sehingga sifatnya tidak stabil dan dekstruktif. Selain untuk menangkal radikal bebas, buah kecil yang imut ini juga sudah terbukti dapat mencegah munculnya kanker atau tumor.

Untuk menangkal radikal bebas ini, dibutuhkan manfaat anti-oksidan yang cukup dengan mengonsumsi buah ataupun sayuran yang memiliki kandungan anti-oksidan yang baik untuk tubuh. Berikut ini manfaat dari buah dewa ndaru.

  1. Anti-oksidan

Buah dewa ndaru mengandung senyawa karotenoid yang berkhasiat untuk anti-oksidan. Anti-oksidan di dalam buah ini bekerja untuk melawan radikal bebas yang masuk ke tubuh manusia. Selain buahnya, daunnya juga dapat dimanfaatkan karena memiliki senyawa fenolik yang juga mempunyai khasiat yang sama, yaitu untuk anti-oksidan.

Selain buah dan daunnya, ternyata biji dari buah dewa ndaru juga mempunyai khasiat untuk mengobati diare. Para peneliti mengungkapkan bahwa protein yang terdapat pada biji buah dewa ndaru mampu menghambat berbagai kuman penyebab diare karena biji buah ini berkhasiat sebagai antikuman.

  1. Mengatasi rasa sakit

Daun dari buah dewa ndaru mempunyai fungsi sebagai obat rematik. Minyak atsiri yang terkandung dalam daun dewa ndaru dapat bekerja sebagai penghilang rasa sakit seperti sakit rematik, nyeri sendi, dan sebagainya.

  1. Tekanan darah

Buah dan daun dewa ndaru dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas astringent dan mengurangi tekanan darah tinggi. Selain itu, daun dewa ndaru juga dapat digunakan untuk menurunkan kolestrol dan tekanan darah dan dapat menurunkan metabolisme lipid yang digunakan sebagai efek proteksi.

  1. Antikanker
Baca Juga:  Kopi Panggang Mampu Cegah Alzheimer dan Parkinson

Berbagai penelitian terhadap buah dewa ndaru ternyata membuahkan hasil. Buah ini dapat digunakan untuk obat antikanker. Khasiat dari daun dewa ndaru inilah yang dijadikan sebagai obat antikanker. Namun, sampai saat ini para peneliti masih tetap melakukan penelitian terhadap daun buah dewa ndaru.

  1. Aksesoris

Kayu dari pohon dewa ndaru dapat dimanfaatkan menjadi aksesoris seperti tasbih, gelang, batu cincin, dan kalung. Dalam kepercayaan masyarakat Jawa, pohon ini sarat akan mitos, mulai dari asal-usulnya hingga khasiat magis sebagai kayu sakti. Oleh karena itu, mereka menjadikan kayu dewa ndaru sebagai aksesoris sebagai penguat kepercayaan atau jimat.