Menakjubkan! Manfaat Peterseli Bisa Cegah Penyakit Bahaya


Pertanianku — Peterseli adalah herba yang biasa digunakan untuk membuat salad atau sandwich. Namun, tahukah Anda manfaat peterseli ternyata baik untuk kesehatan, bahkan sangat bagus untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya?

manfaat peterseli
Foto: Pixabay

Peterseli kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin E, mineral seperti tiamin, riboflavin, niacin, asam pantotenat, folat, kolin, magnesium, dan zat besi. Penasaran bagaimana peterseli bisa sangat baik untuk kesehatan Anda. Berikut ini manfaat penting peterseli yang dilansir dari Boldsky, yang perlu Anda ketahui.

  1. Mencegah kanker

Peterseli mengandung flavonoid tingkat tinggi seperti myricetin dan apigenin yang membantu kita menghindari tertular beberapa jenis kanker seperti kanker kulit, payudara, kanker saluran pencernaan, dan prostat. Kemampuannya ini terutama disebabkan oleh sifat anti-inflamasi dan anti-oksidan yang dimiliki peterseli.

  1. Mencegah diabetes

Peterseli mengandung myricitin yang bisa bantu mencegah diabetes. Bahan kimia ini membantu menurunkan kadar gula darah dan juga mengurangi resistensi insulin dan membawa efek anti-inflamasi ke tubuh.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Peterseli mengandung asam folat dan vitamin B yang penting untuk membantu meningkatkan kesehatan. Asam folat membantu konversi homocysteine menjadi molekul jinak, yang berhubungan langsung dengan kesehatan kardiovaskular.

  1. Mencegah peradangan

Karena kemampuannya mencegah peradangan, peterseli diketahui dapat mengobati gigitan serangga, sakit gigi, memar, dan kulit kasar. Ini juga membantu mengurangi radang internal dan sifat antihepatotoksisitas yang membantu membersihkan hati.

  1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Peterseli juga kaya akan sumber vitamin, mineral dan anti-oksidan yang memiliki berbagai efek pada sistem kekebalan tubuh. Herba ini juga mengandung vitamin A yang bekerja langsung pada sel darah putih atau limfosit.

  1. Meningkatkan kesehatan tulang

Peterseli adalah sumber vitamin K dan kalsium yang membantu meningkatkan kesehatan tulang. Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan risiko patah tulang lebih tinggi. Kandungan vitamin K termasuk tinggi di peterseli.

  1. Kaya akan anti-oksidan
Baca Juga:  Manfaat Kacang Hijau Sangat Baik Bagi yang Berdiet

Sejumlah manfaat kesehatan peterseli datang karena sifat anti-oksidannya. Sayuran ini mengandung flavonoid, terutama luteolin yang merupakan anti-oksidan yang dapat mengikat radikal bebas.

loading...
loading...